Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mewujudkan Sekolah Adiwiyata Nasional (Studi Kasus di SD Negeri 18 Pekanbaru)

Arif Budiman, Sudarno Sudarno, Anak Agung Made Sastrawan Putra

Abstract


Pembentukan sekolah Adiwiyata merupakan bagian dari kebijakan pendidikan lingkungan hidup untuk meningkatkan sikap dan perilaku peduli terhadap lingkungan. Kegiatan utama dalam Sekolah Adiwiyata adalah mewujudkan kelembagaan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan bagi sekolah dasar. Langkah ataupun strategi yang dimainkan oleh sebuah lembaga pendidikan merupakan wilayah kerja seorang kepala sekolah selaku pimpinan di sekolah tersebut. Untuk itu, kepala sekolah bertugas melaksanakan fungsi-fungsi kepemimpinan, baik yang berhubungan dengan pencapaian tujuan pendidikan maupun penciptaan iklim sekolah yang kondusif bagi terlaksananya proses pendidikan secara efektif dan efisien. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif expost facto dengan pendekatan kualitatif. Melalui metode ini peneliti mengkaji secara komprehensif terhadap fenomena-fenomena dan kejadian yang terjadi di lokasi penelitian sesuai fokus permasalahan yang telah ditentukan. Keteladanan kepala sekolah memberi contoh kepada seluruh masyarakat sekolah untuk peduli lingkungan. Beliau menunjukkan tindakan nyata untuk menggerakan seluruh masyarakat sekolahnya. Pemimpin mendiskusikan hal-hal yang akan dirapatkan untuk memperoleh gambaran sementara. Lalu dikembangkan kembali saat rapat bersama para guru-gurunya selaku masyarakat dalam sekolah. Dari mufakat bersama itu kepala sekolah menjalin hubungan dengan masyarakat luar sekolah untuk terlibat dalam mewujudkan program sekolah. Dan program itu dijalankan sesuai bagian-bagian dari masyarakat sekolah itu sampai kepada bagian pembelajarannya yang disusun bersama oleh para majelis guru selaku bawahan dari kepala sekolah. Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah sangat besar dalam mewujudkan program adiwiyata. Karena kepemimpinan harus memberi tauladan yang baik untuk mendukung program yang direncanakannya. Pemimpin harus berpartisipasi aktif didalam dan diluar lingkungan sekolah dengan merangkul seluruh pihak terkait untuk ketercapaian program yang telah direncanakan.


Keywords


Kepemimpinan, Kepala Sekolah, Sekolah Adiwiyata

Full Text:

PDF

References


Aji, Y. P. (2018). Kepemimpinan kepala sekolah guna menunjang implementasi program sekolah adiwiyata melalui pengelolaan sampah. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Rineka Cipta.

Assauri, S. (2013). Strategic management: Sustainable competitive advantages. PT RajaGrafindo Persada.

Azrai, E. P., Sigit, D. V., & Puji, M. (2017). The correlation between environmental awareness and student’s participation in go green school activity at adiwiyata’s school. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 10(2), 7-11., https://doi.org/10.21009/biosferjpb.10-2.

Basri, B. (2018). Manajemen Kepala Sekolah Dalam Mewujudkan Sekolah Adiwiyata (Studi kasus di SD Negeri 02 Tanah Pak Lambik Kota Padang Panjang). Al-Fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 101. https://doi.org/10.31958/jaf.v5i1.818.

Benninghaus, Cristian. J, Kremer. K, and Sprenger. S. (2017). “Assessing high-school Students’ conceptions of global water consumption and sustainability.” International Research in Geographical and Environmental Education, July, 1–17. https://doi.org/10.1080/10382046.2017.1349373.

Caddafie, S. U., Martuti, N. K. T., & Rudyatmi, C. (2017). The impact of Adiwiyata program on environmental caring character. Journal of Biology Education, 6 (3), 350-356. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujbe/article/view/21090.

Dadang, & Heni, P. (2018). Jurnal Manajemen & Bisnis Indonesia. Manajemen bisnis, 8(1), 16–23.

Guru, P. K., Penguatan, E., Karakter, P., Pembiasaan, S., Bagi, K., Didik, P., Khusus, B., Fauziah, S. B., Mahmudah, F. N., Susatya, E., Asih, W. M., Kamil, I., & Indrapriyatna, A. S. (2020). Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan., P-ISSN: 2548-7094 E-ISSN 2614-8021. 5(1).

Haris, E., Abas. H.M., & Wardiana. Y. (2018). Sekolah Adiwiyata: panduan implementasi Adiwiyata Mandiri di sekolah. 1st ed. Erlangga.

Ishak, H. (2019). Manajemen kepala madrasah dalam menanamkan nilai-nilai Adiwiyata di MI Muhammadiyah Ceporan Ngadiluwih Matesih Karanganyar tahun ajaran 2018/2019, Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

KLHKRI. (2012). Panduan program Adiwiyata (Wujudkan sekolah peduli dan implementasi kebijakan Adiwiyata dalam upaya lingkungan hidup).

Kurniatun. C.T, & Suryana. (2016). Kepemimpinan dan manajemen pendidikan dasar, Universitas terbuka.

Loganayaki, B. (2014). Creating environmental awareness for tribal school children. International Journal of Scientific Research. 2 (3), 174 176. https://www.worldwidejournals.com/international-journal-of-scientific-research(IJSR)/recent_issues_pdf/2014/February/February_2014_1391506833_0c336_56.pdf.

Maryono. (2015). The implementation of the environmental education at “adiwiyata” schools in pacitan regency (an analysis of the implementation of grindle model policy). Journal of Education and Practice, 6(17), 31-42. https://pdfs.semanticscholar.org/3ba9/10bcf6b9003e57421844dcb98bb842a6a2e0.pdf.

Mendiknas. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia, Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Pendidikan.

Moleong, L. J. (2014). Metode penelitian kualitatif, Edisi Revisi. PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. (2012). Manajemen & kepemimpinan kepala sekolah. PT Bumi Aksara.

Musbikin, I. (2013). Menjadi Kepala Sekolah yang Hebat!. Zanava Publishing.

Nurhidayah, R. (2019). Peran kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru dalam pelaksanaan progam adiwiyata di madrasah tsanawiyah negeri 2 surakarta tahun pelajaran 2018/2019, Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

Pimara, F. (2017). Peran kepala sekolah sebagai pemimpin sekolah dalam meningkatkan mutu sekolah berbasis Adiwiyata di SMA Negeri 1 Tanjunganom Nganjuk. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan., 5(01)., 334–348.

Ridwan, (2017). Penerapan Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam Pelaksanaan Program Sekolah Adiwiyata di SMA Negeri 1 Pangkalan Bun. Institut Agama Islam Negeri Palangka raya.

Sitisyarah, K., & Mustika, R. (2017). Penerapan program Adiwiyata di SMP Negeri 13 Palembang. JMKSP Jurnal manajemen, kepemimpinan, dan supervisi pendidika), 2(1).

Sugiyono, (2012). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sukmadinata, N.S. (2013). Metode penelitian pendidikan. PT Remaja Rosdakarya.

Tim Adiwiyata tingkat Nasional kerjasama kementerian lingkungan hidup dengan kementerian pendidikan dan kebudayaan. (2011). Panduan Adiwiyata Sekolah Peduli dan Berbudaya lingkungan.

UNESCO Global Education Monitoring Report. (2016). Place: Inclusive and Sustainable Cities. UNESCO Publishing.

Wahjosumidjo. (2011). Kepemimpinan kepala sekolah: tinjauan teoritik dan permasalahannya. PT Raja Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.1.87-100.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id