Meningkatkan Gerak Dasar Mendribble Dalam Permainan Bola Basket Melalui Metode Kooperatife Tipe STAD Siswa Kelas V SDN No. 68 Kota Timur Kota Gorontalo

Jaria N. Gani

Abstract


Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya penguasaan gerak dasar mendribble, kurangnya fasilitas seperti lapangan basket masih belum terdapat di sekolah serta penggunaan metode pembelajaran yang masih kurang efektif.  Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan gerak dasar mendribble dalam permainan bola basket pada siswa kelas V di SDN No. 68 Kota Timur, Kota Gorontalo melalui metode kooperatif tipe STAD. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan oleh peneliti bahwa terjadi peningkatan rata-rata keterampilan mendribble bola yakni pada observasi awal rata-rata kemampuan siswa dalam mendribble bola mencapai 59,58. Setelah di adakan tindakan siklus satu terjadi peningkatan mencapai 9,59 menjadi 69,17. Namun pada nilai capaian dalam siklus satu ini belum memenuhi indikator kinerja. Pada tindakan siklus satu ini juga belum mencapai indikator kinerja. Maka dilanjutkan lagi dengan tindakan siklus dua dan peroleh hasil capaian 80,42 atau terjadi peningkatan sebesar 11,25. Dengan demikian rata-rata peningkatan dari observasi awal sampai siklus dua sebesar 20,84. Adanya peningkatan keterampilan mendribble bola dalam setiap siklusnya yakni rata-rata 25% dengan demikian hipotesis yang berbunyi terjadi peningkatan keterampilan mendribble bola dalam permainan bola basket melalui strategi kelompok pada kelas V SDN No. 68 Kota Timur dapat terbukti.

Keywords


Mendribble bola, bola basket, modifikasi media pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Baley, J.A. dan Field D.A. 1976. Physical Education and Physical Educator. (Ed.2) Boston: Allyn and Bacon, Inc. Dikutip dari Buku Azaz dan Falsafah Pendidikan Jasmani. 2008. Jakarta: Universitas Terbuka.

Tim Bina Karya Guru. 2004. Pendidikan Jasmani Untuk Sekolah Dasar Kelas IV. Jakarta: Erlangga.

Suharsimi, Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara

Jakarta: Bumi Aksara.

Siti, Safariatun. 2008. Azaz dan Falsafah Pendidikan Jasmani. Jakarta: Universitas Terbuka.

Rohim, A. (2008) Olahraga Bola Basket. Semarang : Aneka Ilmu.

Agus Kristiyanto, 2010. “Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Dalam Pendidikan Jasmani dan Kepelatihan Olahraga”, Surakarta, UPT Penerbitan dan Percetakan UNS ( UNS Press )

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Dikutip dari skripsi Eko,

John N. Drowatzky.1975. Motor Learning: Principles and Practices. Dikutip dari Buku Perkembangan Dan Belajar Motorik. 2008.Jakarta: Universitas Terbuka.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.3.1427-1434.2021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id