Peran Kepemimpinan Dalam Keluarga Pada Pembelajaran Daring Di Desa Sangatta Utara

Ramdanil Mubarok

Abstract


Pembelajaran dari rumah menegaskan perlunya orang tua sebagai pemimpin untuk melakukan peran sebagai pendamping belajar anak. Penelitian ini akan mencoba memotret bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran daring, bagaimana peran kepemimpinan dalam keluarga pada pembelajaran daring, serta bagaimana kendala pelaksanaan pembelajaran daring. Metode kualitatif deskriptif menjadi metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini. Penelitian dengan metode kualitatif deskriptif tersebut merupakan sebuah cara yang dilakukan untuk mengungkap fenomena yang terjadi di lapangan. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini dengan observasi dan wawancara, sumber datanya adalah orang tua yang memiliki anak yang sedang mengenyam pendidikan di Sekolah Dasar. Sementara analisis datanya menggunakan analisis data model interaktif dengan menyajikan data, reduksi data, membuat kesimpulan, dan terakhir melakukan verifikasi data. Hasilnya adalah proses pembelajaran daring dilaksanakan dirumah dengan menggunakan aplikasi WhatsApp, Google Classroom, Google Meet, Zoom dengan tahapan-tahapan a) Persiapan: merancang rencana pembelajaran, mengkondisikan waktu, sarana belajar, serta persiapan fisik dan mentalnya. b) Pelaksanaan pembelajaran: pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Adapun peran kepemimpinan dalam keluarga antara lain: mendidik, membimbing, mengarahkan, dan memimpin keluarga. Kendala yang dihadapi dalam pendampingan belajar anak pada pembelajaran daring antara lain motivasi belajar anak yang kurang, kemampuan literasi digital, dan kemampuan bekerjasama

Keywords


kepemimpinan, keluarga, pembelajaran daring

Full Text:

PDF

References


Arora, Amit Kumar, S. (2020). The impact of Pandemic COVID-19 on the Teaching–Learning Process: A Study of Higher Education Teachers. Prabandhan: Indian Journal of Management, 13(4), 214–222.

Astuti, I. A. D., Dasmo, D., & Sumarni, R. A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan Menggunakan Aplikasi Appypie di SMK Bina Mandiri Depok. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 24(2), 695–701.

Astuty, W., & Suharto, A. W. B. (2021). Desain Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Daring dengan Kurikulum Darurat. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 9(1), 81–96.

Baharun, H. (2018). Peningkatan kompetensi guru melalui sistem kepemimpinan kepala madrasah. At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah, 6(1), 1–26.

Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123–140.

Cahyati, N., & Kusumah, R. (2020). Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di Rumah Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, 4(01), 152–159.

Fortuna, R. A., & Fitria, Y. (2021). Upaya Meningkatkan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar dalam Pembelajaran Daring Akibat Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(4), 2054–2061.

Halim, A., Zulheldi, Z., & Sobhan, S. (2019). Karakteristik Pemegang Amânah Dalam Al-Qur’an. Mashdar: Jurnal Studi Al-Qur’an Dan Hadis, 1(2), 185–198. https://doi.org/10.15548/mashdar.v1i2.919

Hamalik, O. (2013). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Ifendi, M. (2020). Pesantren dan Kepemimpinan Kiai: Studi Kasus di Pondok Pesantren Mambaus Sholihin Gresik (1980-2020). MUDIR : Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(2), 13–30. Retrieved from http://ejournal.insud.ac.id/index.php/mpi/index

Ma’ruufah, M. A., Gestiardi, R., & Chumdari, M. (2021). Pemanfaatan Teknologi Dalam Pembelajaran Daring Era Covid-19 Pada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. JURNAL NALAR PENDIDIKAN, 9(1), 36–42.

Mubarok, R. (2021). Perpustakaan Digital Sebagai Penunjang Pembelajaran Jarak Jauh. Al-Rabwah, 15(01). Retrieved from http://156.67.220.215/index.php/al-rabwah/article/view/72

Muhaemin, R. M. (2020). Upgrade Kompetensi Guru PAI Dalam Merespon Pembelajaran Jarak Jauh Dimasa Pandemi Covid-19. AL-FIKR: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 75–82. Retrieved from https://doi.org/10.32489/alfikr.v6i2.80

Priyatna, A. (2013). Pahami Gaya Belajar Anak! Memaksimalkan Potensi Anak dengan Modifikasi gaya Belajar. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Ramanta, D., & Widayanti, F. D. (2020). Pembelajaran daring di sekolah menengah kejuruan putra indonesia malang pada masa pandemi covid-19. Prosiding Seminar Bimbingan Dan Konseling, 61–67.

Rohimah, R. B., Atqiyya, P. Y., & Maharani, D. (2021). Peran Masyarakat Dalam Membentuk Karakter Kepemimpinan Islam. Jurnal Pendidikan Karakter JAWARA (Jujur, Adil, Wibawa, Amanah, Religius, Akuntabel), 7(1), 1–12.

Roshonah, A. F., Putri, S. A. D., & Yulianingsih, I. (2020). Peran Orang Tua dalam Membimbing Anak Selama Pembelajaran Daring di Rumah. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 1(1).

Rukin. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Takalar: Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.

Sahara, L. O. (2020). Pengembangan Model Pelibatan Orang Tua Dalam Meningkatkan Kreativitas Anak melalui Pentas Kelas Pada Satuan PAUD di Kabupaten Gorontalo. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 06(01), 35–44.

Saleh, M. (2020). Merdeka Belajar di Tengah Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Hardiknas, 1, 51–56.

Setiawan, M. A. (2017). Belajar dan pembelajaran. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Siddeh, K. A. (2021). Keadilan Dalam Perspektif Hadis: Analisis Teks Hadis Tentang Keadilan Seorang Pemimpin. Al-Bayan: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Hadist, 4(2), 174–186. Retrieved from https://doi.org/10.35132/albayan.v4i2.129

Suyono & Hariyanto. (2014). Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Uki, F., & Ilham, A. (2020). Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar di SDN 03 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(1), 89–95.

Yuminah, R. (2018). Kepemimpinan Perempuan dalam Islam. Syariah: Jurnal Hukum Dan Pemikiran, 17(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.3.1251-1262.2021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id