Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca Permulaan Melalui Metode Scramble Di Kelas II SDN 3 Tibawa Kabupaten Gorontalo

Dajani Suleman, Yatun R. Hanafi, Abdul Rahmat

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa membaca
permulaan melalui metode Scramble di kelas II SDN 3 Tibawa kabupaten
Gorontalo. Rumusan masalah yakni “apakah melalui metode Scrambledapat
meningkatkan kemampun siswa membaca permulaan di kelas II SDN 3
TibawaKabupaten Gorontalo? Berdasarkan hasil observasi awal siswa yang mampu
membaca permulaan yakni 14 siswa atau 41%, setelah penelitian siklus I
menunjukan bahwa siswa yang mampu berjumlah 24 siswa atau 72% hal tersebut
belum mencapai indikator kinerja yang diharapkan sehingga dilakukan tindak lanjut
ke siklus II. Pada siklus II menunjukan adanya peningkatan, siswa yang mampu
menjadi 29 siswa atau 87% sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan
menggunakan metode Scramble kemampuan siswa membaca permulaan di kelas
II SDN 3 Tibawa Kabupaten Gorontalo.


Keywords


Membaca Permulaan, Metode Scramble

Full Text:

PDF

References


Dalman. 2013. Keterampilan Membaca. Bandar Lampung : Raja Grafindo Persada

Djamarah Bukhari dan Aswan Zain. (2006) Strtegi Belajar Mengajar.Jakarta: PT

Rineke Cipta

Maufar, Hasan Fauzi. 2009. Sejuta jurus mengajar mengasyikkan. Semarang:

Sindur Press.

Rahim, Farida. 2007. Pembelajaran Membaca Di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi

Aksara.

Soeparno.2010. Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Online .http://www.

pustaka.ut.ac.id. Diakses 25 Maret 2017

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif

dan R&D).Bandung: Alfabeta

Suyatno. (2009). Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Masmedia Buana

Pustaka

Tarigan, H.G. 2008.Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.Bandung :

Angkas

Somadayo, Samsu. Strategi Dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta :

Graha Ilmu




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.2.713-726.2021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id