Pemasaran Udang Vaname (Lithopenaeus vannamei) di Kabupaten Pohuwato, Indonesia

Lis Melissa Yapanto, Citra Panigoro, Suprianto Antu

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk saluran tataniaga, margin tataniaga, dan efisiensi tataniaga udang vaname (lithopenaeus vannamei). Desa Mootilango Kecamatan Duhiadaa Kabupaten Pohuwato. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember sampai bulan Januari 2021. Lokasi penelitian ini di Desa Mootilango. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui wawancara langsung kepada petambak, pedagang pengumpul dan pedagang pengecer. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terjadi dua saluran tataniaga udang, saluran tataniaga I dari Petambak - Pedagang pengumpul - Konsumen (Pengiriman luar daerah), pada saluran tataniaga II Petambak - Pedagang pengumpul - Pedagang pengecer - Konsumen. Dengan margin tatniaga udang vaname saluran tataniaga I sebesar Rp 5.000/kg dan pada saluran tataniaga II sebesar Rp 10.000/kg.  Tataniaga yang terjadi dikatakan efisien pada saluran I dengan nilai 0,9% dan saluran II 1,4%.


Keywords


Udang Vaname, Saluran Tataniaga, Margin Tataniaga, Efisiensi Tataniaga,

Full Text:

PDF

References


Anwar, H. (2015). Analisis Tataniaga Ubi Jalar Di Desa Purwasari

Kecamatan Dramaga Kabupaten Bogor. [skripsi]. Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta.

Egi, E. (2014). Faktor-Faktor Produksi Yang Memengaruhi Output Budidaya Udang Vanamei Indonesia. [skripsi]. Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi Dan Manajemen Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Guslan, A. (2016). Analisis Strategi Saluran Pemasaran Usaha Budidaya Udang Windu Di Desa Pegat Batumbuk Kecamatan Pulau Derawan Kabupaten Berau. eJournal Administrasi Bisnis. 4 975-989

Hanafiah, A. M., dan Saefuddin, A.M. (2010). Tata Niaga Hasil Perikanan. UI

Press, Jakarta.

Hanafiah, A. M., dan Saefuddin, A.M. (2010). Tata Niaga Hasil Perikanan. UI

Press, Jakarta.

Nadhif, M. (2016). Pengaruh Pemberian Probiotik Pada Pakan Dalam Berbagai Konsentrasi Terhadap Pertumbuhan Dan Mortalitas Udang Vaname (Litopenaeus Vannamei). [skripsi]. Program Studi S1 Biologi Departemen Biologi Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas Airlangga. Surabaya

Paidi, (2016). Margin Tata Niaga Cumi-Cumi di Koperasi Mina Fajar Sidik Kecamatan Blanakan Kabupaten Subang. Jurnal Penyuluhan Perikanan dan Kelautan, 10 (1).

Purwanti, (2017). Analisis Pola Distribusi Ikan Tenggiri Batang (Scromberomorus Commerson) Di Pelabuhan Perikanan Nusantara (Ppn) Sungailiat. [Tugas Akhir]. Universitas Trebuka. Jakarta.

Renanda, A. (2018). Analisis Pendapatan Dan Risiko Budidaya Udang Vaname Di Kecamatan Rawajitu Timur Kabupaten Tulang Bawang [skripsi]. Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Lampung. Lampung.

Roesmawaty, H. (2011). Analisa efesiensi pemasaran pisang di Kecamatan Lengkiti Kabupaten Ogan Komering Ulu. Jurnal Agribisnis. 3(5). 1-9.

Sifa. N. N. (2017). Pengaruh Budaya Organisasi dan Disiplin Kerja Terhadap

Kinerja Pegawai Pada Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Barat. [skripsi]. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas, Pasundan. Bandung.

Sudana, I. W. Analisis efesiensi pemasaran ikan teri segar hasil tangkapan nelayan di Desa Sanggalangit Kabupaten Buleleng. Jurnal Pendidikan Ekonomi. 11(2) 2599 – 1426.

Yapanto, L. M. (2015). Pemasaran hasil laut produksi nelayan bajo di Kabupaten Pohuwato dan Boalemo Provinsi Gorontalo. Jurnal pendidikan, sosial, dan budaya. 1(4).

Yapanto, L. M., Salam, A., & Hamzah, Z. Y. (2020). TATANIAGA DAN MARGIN PEMASARAN IKAN TUNA DI KOTA GORONTALO ( The marketing of Tuna Fish in Gorontalo City ). Jambura Journal of Animal Science2(2), 38–45.

Olii, A. H., Yapanto, L. M., & Akili, S. A. (2019). The Efficiency Handline Fishing Gear in Gorontalo Regency, Indonesia. Asian Journal of Fisheries and Aquatic Research, 1–10. https://doi.org/10.9734/ajfar/2019/v4i430061




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.2.659-666.2021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id