Meningkatkan Kemampuan Guru- Gurudalam Pelaksanaan Bimbingan Belajar Melalui Teknik Pendampingan Di SMP Negeri 1 Ponelo Kepulauan

Imran Atute

Abstract


Berdasarkan kegiatan refleksi dan umpan balik yang dilakukan antara guru dan kepala sekolah disepakati untuk tidak melanjutkan penelitian ke siklus III karena guru pada dasarnya telah dapat melakukan aktivitas pendampingan sesuai dengan kesepakatan dan telah berimplikasi pada peningkatan kemampuan guru dalam untuk pelaksanaan bimbingan belajar terhadap siswa.Berdasarkan tindakan yang dilaksanakan selama penelitian jelas menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan guru dalam melaksanakan kegiatan bimbingan belajar setelah dilaksanakan penelitian tindakan sekolah melalui 2 siklus dengan teknik pendampingan. Dengan temuan ini maka teknik pendampingan seyogyanya dijadikan sebagai rujukan dalam proses peningkatan kemampuan guru dalam melakukan bimbingan belajar terhadap siswa. Teknik anĂ¡lisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menjabarkan secara rinci perencanaan, pelaksanaan, observasi serta hasil pelaksanaan tindakan setiap siklus sehingga diperoleh gambaran yang jelas tentang hasil penelitian.

Keywords


Bimbingan Belajar, Teknik Pendampingan

Full Text:

PDF

References


Agus Taufiq. 2007. Pendampingan Bimbingan dan Konseling (Bahan Pelatihan BK di Cikole). Bandung.

Binet. 2010. Layanan Bimbingan Belajar. (Online) Tersedia dihttp://jaringanilmupengetahuan.blogspot.com/2010/04/tujuan-layanan-bimbingan-belajar.sadja.html

Iim Waliman, dkk. 2001. Pendampingan (Modul Manajemen Berbasis Sekolah). Bandung : Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat

Joni, T. Raka. 2004. Pedoman Umum Alat Penilaian Kemampuan Guru. Jakarta: Dirjen Pendidikan Tinggi Depdikbud

Nasution. 2005. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Nurihsan Juntika Ahmad. 2005. Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PT Rafika Aditama.

Nurihsan Juntika dan Yusuf Syamsu. 2007. Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: Program Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Indonesia dan PT Remaja Rosda Karya

Siagian. 2009. Administrasi Dan Supervisi Pendidikan, Bandung PT Remaja Rosda Karya

Sudradjat Akhmad. 2007. Kesulitan Belajar Siswa dan Bimbingan Belajar (Online) Tersedia di http/www.kes.rtti.,com.press.html

Sukmawati. 2009. Interaksi Belajar Mengaajar. Jakarta: Rineka Cipta




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.6.3.377-386.2020

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id