Meningkatkan Kemandirian Dalam Aktivitas Belajar Melalui Layanan Informasi Pada Siswa Di SMP Negeri 1 Ponelo Kepulauan

Imran Atute

Abstract


Hasil temuan pada penelitian ini dapat disimpulkan yaitu layanan informasi dapat meningkatkan jumlah siswa yang mandiri adalam aktivitas belajar yaitu 4 orang atau 24% pada siklus I, meningkat menjadi 14 orang atau 82% pada siklus II. Hasil ini menunjukkan telah memenuhi indikator kinerja dan hipotesis tindakan yang berbunyi : jika digunakan layanan informasimaka kemandirian belajar padasiswa kelas IX di SMP Negeri 1 Ponelo Kepulauan kabupaten Gorontalo utara dapat ditingkatkan. Implikasi dari hasil temuan ini menunjukkan bahwa makna kemandirian yang meliputi perilaku mampu berinisiatif, mampu mengatasi hambatan/masalah, mempunyai rasa percaya diri dan dapat melakukan sesuatu sendiri tanpa bantuan orang lain dapat diatasi dalam kegiatan pembelajaran sekolah dasar melalui penggunaan layanan informasi. Dengan demikian kemandirian sebagai hasrat untuk mengerjakan segala sesuatu bagi diri sendiri atau suatu keadaan dimana seseorang yang memiliki hasrat bersaing untuk maju demi kebaikan dirinya akan mampu mengambil keputusan dan inisiatif untuk mengatasi masalah yang dihadapi, memiliki kepercayaan diri dalam mengerjakan tugas-tugasnya, bertanggungjawab tetrhadap apa yang dilakukannya.

Keywords


Kemandirian, Belajar dan Layanan Informasi

Full Text:

PDF

References


Nurihsan Juntika dan Yusuf Syamsu. 2007. Landasan Bimbingan kelompok. Bandung: Program Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Indonesia dan PT Remaja Rosda Karya

Moleong. 2001 Metodologi Penelitian Kualitatif. Cet XIII. Bandung: Remaja Rosdakarya

M. Surya. 1988. Pengantar Bimbingan dan Penyuluhan. Jakarta : UT.

Oemar Hamalik. 2000. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Prayitno Erman Amti. 1997. Dasar-dasar Bimbingan kelompok. Jakarta: Depdikbud.

Rustantiningsih.2007.Peran Guru Kelas Dalam Pelaksanaan Bimbingan Bimbingan di sekolah Dasar (Online) Tersedia di http://re-searchengines.com/rustianti 40708 . htm. (Download, 2 Pebruari 2010)

Sardiman. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo

Persada.

Sudirman.2009.Evaluasi Hasil Belajar. Jakarta. Haparan. Masa.

Sudjana. 2010. Pembinaan dan Pengembangan Karir Pengawas Sekolah. (Online). Tersedia di http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/04/13/pembinaan-dan-pengembangan-karir-pengawas-sekolah/. . (Download, 2 Pebruari 2010)

Sudradjat Akhmad. 2007. Kesulitan Belajar Siswa dan Bimbingan Belajar (Online) Tersedia di http/www.kes.rtti.,com.press.html

Tim Pengembangan MKDK IKIP Semarang. 1990. Bimbingan kelompok Sekolah. Semarang: IKIP Semarang Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.4.3.283-292.2018

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id