Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Madrasah Melalui Pelatihan Partisipatif Secara Daring Berbasis Heuristik

Yudha Andana Prawira, Firman Nugraha

Abstract


Penelitian ini berangkat dari masih rendahnya kompetensi pedagogik guru madrasah di Jawa Barat. Tujuannya untuk melihat makna pelatihan partispatif daring sebagai upaya peningkatan kompetensi pedagogik guru. Pelatihan secara daring selain dipandang efektif, juga dianggap tepat dimasa pandemi. Metode yang digunakan deskriptif analitik terhadap satu kelas pelatihan daring yang dilaksanakan di Balai Diklat Keagamaan bandung tahun 2020. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbaikan hasil pelatihan berupa kompetensi pedagogik oleh peserta pelatihan berdasarkan perbedaan hasil pretes dan postes. Penelitian ini juga menemukan adanya peran motivasi peserta dalam proses pelatihan yang berkontribusi terhadap capaian hasil pelatihan tersebut. Sehingga, penelitian ini menyatakan bahwa pelatihan daring partisipatif bermakna sebagai upaya perbaikan kompetensi pedagogik guru, terutama masa pandemi.


Keywords


Pelatihan Daring, Heuristik, Motivasi, Pedagogik

Full Text:

PDF

References


Abdul, D., & Lidinillah, M. (2006). Heuristik dalam pemecahan masalah matematika dan pembelajarannya di sekolah dasar, 1–11.

Ardiana, T. E. (2017). Pengaruh Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Akuntansi Smk Di Kota Madiun. Jurnal Akuntansi Dan Pajak, 17(02), 14–23. https://doi.org/10.29040/jap.v17i02.11

Balqis, P., Ibrahim, N., & Ibrahim, S. (2014). Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Smpn 3 Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Administrasi Pendidikan : Program Pascasarjana Unsyiah, 2(1), 25–38.

Cannon, R., & Hore, T. (2016). The long ‐ term effects of ‘ one ‐ shot ’ professional development courses : An Indonesian case study. International Journal for Academic Development, (August). https://doi.org/10.1080/1360144970020104

Chetty, S. (1996). Case study methode small and medium research. Retrieved from https://journals.sagepub.com/doi/abs/10.1177/0266242696151005?journalCode=isbb

Damanik. (2018). Pengaruh motivasi dan pengembangan diri terhadap prestasi kerja dosen. Jurnal EK& BI, 1(1), 20–28. Retrieved from http://jurnal.murnisadar.ac.id/index.php/EKBI/article/view/42

Dally, Dadang. (2011). Membangun Lembaga Diklat Yang Kredibel. Tatar Pasundan: Jurnal Diklat Keagamaan (5) 12.

Dhika, H., Destiawati, F., Surajiyo, S., & Jaya, M. (2020, July). Implementasi Learning Management System Dalam Media Pembelajaran Menggunakan Moodle. In Prosiding Seminar Nasional Riset Information Science (SENARIS) (Vol. 2, pp. 228-234).

Fadilah, N. (2015). KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PEMBELAJARAN PPKN UNTUK PENCAPAIAN KOMPETENSI SIKAP SPIRITUAL DAN SOSIAL PESERTA DIDIK. Perpustakaan Universitas Pendidikan Indonesia, 13–72. Retrieved from http://repository.upi.edu/17064/5/T_PKN_1302203_Chapter2.pdf

Habibullah, A. (2012). Kompetensi Pedagogik Guru. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 10(3). https://doi.org/10.32729/edukasi.v10i3.169

Hafid, M. (2017). Pengaruh Motivasi dan Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru Sekolah dan Madrasah di Lingkungan Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 1(2), 293–314. https://doi.org/10.35316/jpii.v1i2.55

Hambatan, M., & Jarak, P. (2020). Indonesia di Masa Krisis Covid-19, 19(2), 1–9.

Hanurani, H. (2019). PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU BIOLOGI MADRASAH ALIYAH MELALUI PEMBELAJARAN JARAK JAUH. Tatar Pasundan: Jurnal Diklat Keagamaan, 13(1), 10-22.

Hartley, P. J. (1976). Intoduction to basic a case study approach. New York, Dublin, London: The Macmillan Press LTD.

Iskandar Palopa. (2015). Pengembangan model pembelajaran partisipatif andragogis untuk meningkatkan hasil belajar warga belajar, 11, 59–85.

Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., & Paujiah, E. (2020). Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru : Hambatan, Solusi, dan Proyeksi. LPPM UIN SGD.

Junaid, R., & Baharuddin, M. R. (2020). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru melalui PKM Lesson Study. To Maega : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 122. https://doi.org/10.35914/tomaega.v3i2.413

Kemdikbud. (2019). Neraca Pendidikan Daerah laporan kemdikbud .pdf. Jakarta. Retrieved from https://npd.kemdikbud.go.id/?appid=ukg

Kompas. (2020). Siswa Alami Dampak Psikologis Pembelajaran Jarak Jauh Paling Nyata. Kompas.Id, 2020. Retrieved from https://bebas.kompas.id/baca/bebas-akses/2020/07/13/siswa-alami-dampak-psikologis-pembelajaran-jarak-jauh-paling-nyata/

Malmberg, K., & Shiffrin, R. (2005). The " One - Shot " Hypothesis for Context Storage . Journal ArticleDatabase: APA PsycArticles, 31, 2005.

Mawardi, M., Kristin, F., Anugraheni, I., & Rahayu, T. S. (2019). Penerapan Pelatihan Partisipatif Pada Kegiatan Penulisan Dan Publikasi Karya Ilmiah Bagi Guru SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2), 132–137. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i2.p132-137

Mendikbud. (2007). Permendiknas No. 16 tahun 2007.

Nastiti, A. D. (2017). Pelatihan Daring dengan Model Partisipatif, VIII, 216–224.

Nilasari, K. E. (2021). THE EFFECTIVENESS OF LEARNING MODELS’ TRAINING ON TEACHERS’ SELF-EFFICACY AND PEDAGOGIKAL COMPETENCE. JENTRE: Journal of Education, Administration, Training and Religion, 1(1), 9-18. https://doi.org/10.38075/jen.v1i1.9

Nugraha, F. (2013). Motivasi Belajar Orang Dewasa dan Implikasinya pada Penyelenggaraan Diklat. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan dan Keagamaan. 2(2): 38-49.

Nugraha, F. (2020). Pendidikan Dan Pelatihan: Konsep Dan Implementasi Pengembangan Sumberdaya Manusia. Jakarta: LDPress.

Paramita, R. P. (2018). Rapor Guru dalam Hasil Uji Kompetensi. Lokadata, 1. Retrieved from https://lokadata.id/artikel/rapor-guru-dalam-hasil-uji-kompetensi

Restendi, D., Nugraha, F., & Trianto, A. (2020). Pengembangan Sistem Pelatihan Jarak Jauh Berbasis Moodle di Balai Diklat Keagamaan Bandung. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan dan Keagamaan, 8(2), 540-552.

Riyan, D. (2020). How the Distance Learning can be a Solution during the Covid-19 Pandemic. International Journal of Asian Education (IJAE) by READ Institute, 1(3), 117-124.

Rizaldi, D. R. (2020). Analysis Application of Distance Learning as a Learning Solution From Home. ASIAN EDUCATION PREPRINT REPOSITORY.

Saputra, J. (2017). Kompetensi Pedagogik Guru, 10–11. Retrieved from https://pgsd.binus.ac.id/2017/12/31/kompetensi-pedagogik/

Setiawati, E. (2010). Perbedaan Peningkatan Self Regulates Learning Peserta DJJ Matematika dengan Diklat Matematika MTS Reguler di BDK Bandung 2009. Tatar Pasundan: Jurnal Diklat Keagamaan, IV, 591–599.

Strungă, A. (2015). Using virtual learning communities in shaping the professional identity of primary and preschool pedagogy specialization students : a knowledge management approach. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 180(November 2014), 460–467. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.02.145

Sugiyono. (2004). Pengaruh Pembinaan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, dan Pengalaman Diklat Terhadap Kinerja Guru dalam Pembelajaran Bahasa Madura di SDN Kecamatan Bangkalan Kabupaten Bangkalan MAdura, VI–2004.

Sujadi, Y. Darma; Imam. (2014). strategi heuristik dengan pendekatan metakognitif dan invertigasi. Jurnal Pendidikan MIPA, 109–119.

Y. A. Prawira. (2019). Menakar Kemampuan Literasi Pedagogik Guru Sekolah Dasar dalam Sudut Pandang Kompetensi Guru. Retrieved from http://dev-elearning.lan.go.id/?redirect=0

Yasin, A. (2011). PENGEMBANGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH (Studi Kasus di MIN Malang I). El-QUDWAH, 0(0), 157–181.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.2.307-316.2021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id