Hubungan Power Otot Tungkai Dengan Kecepatan Tendangan Mawasi Geri Pada Mahasiswa Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR) Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo

Ahmad Lamusu, Zulkifli A. Lamusu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan antara power otot tungkai dengan kecepatan tendangan mawasi geri pada mahasiswa Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR) Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo. Hipotesis dalam penelitian ini yakni “Terdapat Hubungan antara power otot tungkai dengan kecepatan tendangan mawasi geri pada mahasiswa Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR) Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian kuantitatif yang bersifat korelasi. Dengan desain terdiri atas 2 variabel penelitian yaitu Variabel X (Daya Ledak Otot Tungkai) dengan Variabel Y (Kecepatan tendangan mawasi geri), Adapun sampel dalam penelitian yang ditetapkan adalah sebanyak 20 mahasiswa Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR) Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo yang diambil secara Purfosive Sampling. Uji statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian ini adalah uji korelasi, dan Dari hasil pengujian menunjukkan rhitung (0,625) > rtabel (444). Jadi ada hubungan variabel bebas dengan variabel terikatnya adalah signifikan. Dari data tersebut dapat menjawab hipotesis bahwa ada Hubungan antara power otot tungkai dengan kecepatan tendangan mawasi geri pada mahasiswa Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR) Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo.

Keywords


Power Otot Tungkai, Tendangan Mawasi Geri

Full Text:

PDF

References


Ayu Widi Muchlisa. (2017). Jurnal Pendidikan Jasmani ISSN 0853-5043 (Pengaruh Koordinasi Mata Tangan Daya Ledak Otot Tungkai Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Keterampilan Smash). Pascasarjana Universitas Negeri jakarta.

Ali Maksum. (2012). Metodologi Penelitian Dalam Olahraga. Surabaya: Universitas Surabaya.

Bondhan Adi Pratomo. 2013. Fundamental dan Filosofi Karate – Do. Surabaya. CV. Garuda Mas Sejahtera

Bompa, T. O. (2009). Theory And Methodologi of Training. IOWA: Kendal Hunt Pubhlishing Company.

Bompa & Haff, G. (2009). Theori and Methodology Of Training. united State: Human Kinetics.

Dewi Nastiti, (2011), Menjadi Karateka. Jakarta : Be Champion.

Muhammad Rhadian. (2018). Karate. Bandung. PT. Indahjaya Adipratama

Nur Ihsan dan Suwirman. (2018). Sumbangan Konsentrasi terhadap Kecepatan Tendangan Pencak Silat. Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Padang. Jurnal Media Ilmu Keolahragaan Indonesia Volume 8. Nomor 1. p-ISSN 2088-6802 e-ISSN 2442-6830.

Purba P.H. 2017.Hubungan Kelentukan Dan Kelincahan Terhadap Kecepatan Tendangan Mawashi Gery Chudan Pada Karateka Perguruan Wadokai Dojo Unimed. Jurnal Prestasi Vol. 1 No. 1, Juni 2017 : 11-16

Rosmawati, dkk. (2019) Hubungan Kelincahan Dan Daya Ledak Otot Tungkai Terhadap Kecepatan Tendangan Sabit Atlet Pencak Silat Silaturahmi Kalumbuk Kecamatan Kuranji Kota Padang. Universitas Negeri Padang. Jurnal Menssana, Volume 4, Nomor 1, Mei, ISSN 2527-6451 (Print), ISSN 2622-0295 (Online)

Sepriadi. (2018). Kontribusi Power Otot Tungkai dan Keseimbangan terhadap Tendangan Mawashi Geri Atlit Kempo. Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Padang. Jurnal Media Ilmu Keolahragaan Indonesia Volume 8. Nomor 2. p-ISSN 2088-6802 e-ISSN 2442-6830.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuaantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Sujoto, J.B.(2006). Teknik Oyama Karate Seri Kihon. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Widiastuti. (2015). Tes dan Pengukuran Olahraga. Jakarta: RajaGrafindo persada




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.6.3.365-376.2020

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id