PKM Pendampingan Pelatihan Pengolahan Wadi Pindang Pada Ibu-Ibu Rumah Tangga di Jalan Hiu Putih Kota Palangka Raya

Wahyu Edy Setiawan, Luluk Tri Harinie, Syahril Uhing, Abdul Rahmat

Abstract


Pengabdian kepada Masyarakat ini tentang Pendampingan Pelatihan Pengolahan Wadi Pindang pada ibu-ibu Rumah Tangga di Jalan Hiu Putih, Kota Palangka Raya, adalah salah satu kegiatan ABDIMAS Program Pascasarjana, Universitas Palangka Raya yang memanfaatkan ikan patin untuk dijadikan Wadi, makanan fermentasi tradisional yang sehat dan bergizi dar Kalimantan Tengah. Wadi ini diolah secara alami dan tidak menggunakan bahan pengawet. Rata-rata penyimpanan wadi agar siap saji minimal dilakukan selama 7 hari dan kemudian dikemas rapi dalam boks-boks siap jual melalui media online sebagai salah satu media bantu pemasaran ke konsumen di saat pandemi Covid 19. Mitra Bina Keluarga Remaja sangat berperan dalam memberikan motivasi dan semangat juang tinggi kepada ibu-ibu rumah tangga di lingkungan Jalan Hiu Putih agar selalu survive dan semangat. Luaran dari kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini berupa publikasi jurnal, publikasi media massa, dan dapat dijadikan sebagai salah satu referensi mata kuliah, diantaranya adalah: Kewirausahaan dan Social Entrepreneurship, Andragogi dalam Pendidikan Masyarakat, Kajian Pemberdayaan Masyarakat di Daerah Gambut dan Aliran Sungai (DAS).


Keywords


Pendampingan, Pelatihan, Wadi Pindang, Ibu-ibu Rumah Tangga

Full Text:

PDF

References


Anwar. (2007). Manajemen Pemberdayaan Perempuan (Perubahan Sosial melalui Pembelajaran Vocational Skill pada Keluarga Nelayan). Bandung: Alfabeta.

Arief, Giri Maulana dan Heppy Millianyani. (2015). Pengaruh Social Media Marketing Melalui Instagram Terhadap Minat Beli Konsumen Sugar Tribe. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Telkom

Gunawan, D.D and Huarng, H.K. (2015). Viral Effects of Social Network and Media on Consumer’s Purchase Intention. Journal of Business Research, 2015, vol. 68, issue 11, 2237-2241.

Ife, J. (1995), Community Development. New York: Macmillan Publishing Company.

----- dan Tesoriero, F. (2008). Alternatif Pengembangan Masyarakat di Era Globalisasi. Community Development. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kshetri, Anita and Bidyanand Jha. (2016). “Online Purchase Intention : A Study of Automobile. Sector in India” Rev. Integr. Bus. Econ. Res. Vol. 5 No.3, p.35-59.

Naqiyah, N. (2005). Otonomi Perempuan. Malang: Bayu Publishing.

Knowles, M. et.al (1984). Andragogi in Action: Applying Modern Principles of Adult Learning. San Fransisco: Jossey-Bass Inc.

Knowles, M. (1977). The Modern Practice of Adult Education, Andragogy Versus Pedagogy. New York: Assosiation Press.

Kotler and Keller. (2016). Marketing Management. Pearson: Prentice hall

Mulyana, E. (2007). Model Tukar Belajar (Learning Exchange) dalam Perspektif Pendidikan Luar Sekolah (PLS). Bandung: Mutiara Ilmu.

Sastropoetro, S. (1988). Partisipasi, Komunikasi, Persuasi dan Disiplin Dalam Pembangunan Nasional. Bandung: Alumni.

Suharto, E. (2006). Membangun Masyarakat Memberdayakan Masyarakat, Kajian Strategis Pembangunan Kesejahteraan Sosial & Pekerjaan Sosial. Bandung: PT. Refika Aditama.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.1.123-136.2021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id