Pemetaan Sosial Pada Pengrajin Bambu di Desa Parungsari Kabupaten Karawang

Anggi Pasca Arnu, Raden Aditya Kristamtomo Putra, Nanu Hasanuh

Abstract


Pemetaan social merupakan kegiatan yang dilaksanakan untuk memahami kondisi sosial masyarakat lokal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami kondisi desa Parungsari, kondisi sosial ekonomi dan sebagai data primer dalam kajian perencanaan pengembangan pengrajin bambu di desa Parungsari, Kabupaten Karawang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode Rapid Rural Appraisal (RRA). Dari hasil analisis dan pembahasan diperoleh bahwa tingkat kemiskinan di desa Parungsari termasuk tinggi dan tingkat pendidikan yang masih rendah di karenakan biaya kehidupan yang tinggi dan kurangnya penghasilan sehingga menyebabkan terjadi kesenjangan sosial dan ekonomi.


Keywords


Social Mapping, Bamboo Craftsmen, Education Level, Cost of Living Social and Economic Gaps.

Full Text:

PDF

References


Hikmat, H. (2001). Strategi pemberdayaan masyarakat. Humaniora Utama Press.

LCC (League of California Cities) (1977), “Problem Analysis: Data Collection Technique”, dalam Gilbert, Neil dan Harry Specht, Planning for Social Welfare: Issues, Models and Tasks, New Jersey: Prentice-Hall, hal. 311-323.

Netting, F. E. Petter M. Kettner dan Steven L. McMurtry.(1993). Social Work Practice.

Pemerintah Desa Parungsari, 2019. Profile sosial dan ekonomi, Rencana Kerja Tahunan Desa (RKP Desa) Parungsari, Kecamatan Telukjambe Barat, Kabupaten Karawang.

Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Republik Indonesia, 2013. Nomor 06 Tahun 2013 Tentang Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan Dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup

Suharto, E. (1997). Pembangunan, Kebijakan Sosial dan Pekerjaan Sosial: Spektrum Pemikiran. Bandung: Lembaga Studi Pembangunan STKS (LSP-STKS).

Twelvetrees, A., & Twelvetrees, A. (1991). What is Community Work? In Community Work. https://doi.org/10.1007/978-1-349-21262-0_1

Warren, R. L. (1978). The community in America. Rand McNally College Pub. Co.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.6.2.139-148.2020

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id