Dampak Tunjangan Profesi Terhadap Motivasi Kerja Guru SMA di Kota Gorontalo Provinsi Gorontalo

Mohammad Fadli A. Himran, Heldy Vanni Alam

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak tunjangan profesi terhadap motivasi kerja guru SMA Negeri di Kota Gorontalo Provinsi Gorontalo.Jenis penelitian survei dengan metode kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah guru PNS SMA Negeri di Kota Gorontalo yang berjumlah 215 orang.Jumlah sampel 140 orang guru yang diambil dengan menggunakan Rumus Slovin.Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, maka diperoleh persamaan regresi Ŷ= 19,668 + 0,627X yang berarti bahwa setiap terjadi perubahan pada satu-satuan variabel tunjangan profesi, maka akan diikuti oleh perubahan sebesar 0,627 atau 62,7% satuan pada varibel motivasi kerja guru.Hasil penelitian menunjukan pula bahwa tunjangan profesi memiliki dampak positif terhadap meningkatnya motivasi kerja guru SMA Negeri di Kota Gorontalosebesar 36,2%.Dengan demikian, hipotesis penelitian dapat diterima.


Keywords


Tunjangan Profesi; Motivasi Kerja; Guru

Full Text:

PDF

References


Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualittatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta

Sumantri Mulyani, 2009. Perkembangan Peserta Didik, Jakarta: Universitas Terbuka

Supriatna, Nana. Dkk. 2002. Bahan Belajar Mandiri Pendidikan IPS di SD. Bandung: IKIP Bandung Press.

Suprijono, Agus. 2010. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Suyatno. 2010. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka.

Tim Penyusun. 2013. Pedoman Penulisan Skripsi. Palembang : FKIP Universitas. PGRI

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Perenada Media Grup.

____________., 2011. Model-model pembelajaran inovatif berorientasi konstruktivitis. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Uno B. Hamzah, dkk, 2008. Pengantar Teori Belajar dan Pembelajaran, Gorontalo: BMT Nurul Jannah

Uzer, Moh. Usman, 2007. Menjadi Guru Profesional, Jakarta: Rosda Karya

Wahab Azis Abdul, 2008. Konsep Dasar IPS. Jakarta: Universitas Terbuka.

Wena, Made 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontenporer. Jakarta : Bumi Aksara




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.5.3.199-206.2019

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id