Kontribusi Belajar Jarak Jauh Mahasiswa Tinggal di Desa Terpencil

Samiun Husain

Abstract


Hadirnya Universitas Terbuka dengan sistim belajar jarak jauh dapat menjawab masalah pemerataan pendidikan nasional, dapat menjangkau dan dijangkau oleh masyarakat yang tinggal di desa terpencil. Guru yang tinggal di desa terpencil yang sebelumnya tidak dapat melanjutkan pendidikan karena alasan jarak, waktu dan biaya, kini sudah dapat melanjutkan pendidikan program S1 PGSD di UPBJJ-Universitas Terbuka Gorontalo. Mahasiswa sudah dapat belajar mandiri melalui media cetak dan non cetak yaitu media yang sudah dirancang khusus untuk dapat dipelajari sendiri sebagai media utama yang digunakan dalam proses belajar jarak jauh di Universitas Terbuka.Mahasiswa yang mengajar didesa terpencil dapat melanjutkan pendidikan tanpa meninggalkan tugas pokok dan keluarga. Mendapat layanan bantuan belajar melalui tutorial tatap muka sehingga mereka belajar dapat berdiskusi dengan sesama teman dan antar kelompok yang dibimbing oleh seorang dosen atau tutor sebagai fasilitator, sehingga mahasiswa dalam belajar tidak merasa kesepian dan terisolir.


Keywords


Kontribusi Belajar; Mahasiswa Jarak Jauh; Desa Terpencil

Full Text:

PDF

References


Anggoro,, Toha,, Dkk.. 2007.. Metode Penelitian. Jakarrtta: Universitass Terbuka.

Anita, dkk. 2007. Strategi Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Universitas Terbuka

Adam. 2002. Komunika UT No. IX. Jakarta : Universitas Terbuka Bungin,, Burhan. 2007. Datta Penelitian Kualitatif. Jakarrtta: PT. Raja Grrafindo Persada.

Brotosiswojo. 1997. Kurikulum Program Pengajaran PGSD Guru Kelas. Jakarta:

Universitas Terbuka Moleong. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosda Karya

Santosa, Puji, Dkk. 2008. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD.Jakarrtta: Universitas

Terbuka.

Suprayekti, dkk. 2008. Pembaharuan Pembelajaran. Jakarta : Universitas Terbuka Sugiiono. 2005. Memahami Penelitian Kuallitatif. Bandung: CV. Alfabeta

Suparman. 2009. Pendidikan Jarak Jauh Teori dan Praktek. Jakarta : Universitas Terbuka

Tim FKIP. 2006. Pedoman Tutorial Bagi Tutor. Jakarta : Universitas Terbuka

Tim Penulis FKIP. 2007. Pedoman Penyelenggaraan Program PGSD. Jakarta : Universitas Terbuka

Tim Penulis FKIP. 2004. Pedoman Tutor Bagi Tutor. Jakarta : Universitas Terbuka

Tim Penulis UT Katalog Universitas Terbuka. Jakarta : Universitas Terbuka Wardani, II.G.A.K, Dkk. 1992. Pengelolaan Kegiatan Tutorial yang Eduktif.

Jakarrtta: Universitas Terbuka.

Winatapura, dkk. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Universitas Terbuka

Winatapura. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Pusat Penerbitan Universitas Terbuka




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.5.2.103-110.2019

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id