Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Disposisi Matematis Siswa Pada Materi Limit Fungsi Dengan Menggunakan Strategi Think-Talk-Write

Fatma Abdurahman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (a) mendeskripsikan proses pembelajaran menggunakan strategi Think-Talk-Write (TTW) dalam meningkatkan kemampuan penalaran dan disposisi matematis siswa pada materi limit fungsi aljabar dan (b) mengetahui kemampuan penalaran dan disposisi matematis melalui strategi TTW. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA1 SMA Negeri 1 Gorontalo berjumlah 30 orang. Desain penelitian menggunakan prosedur tindakan Model Kemmis dan McTaggart, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrumen penelitian menggunakan tes untuk menilai kemampuan penalaran dan lembar pengamatan menilai disposisi matematis siswa. Temuan penelitian membuktikan bahwa kemampuan penalaran dan disposisi matematis siswa pada materi limit fungsi aljabar dapat meningkat melalui strategi TTW. Pada Siklus I sebanyak 16 (53,33%) orang mencapai nilai 60 dan kemudian meningkat menjadi 20 (66,67%) orang pada Siklus II, dan meningkat lagi menjadi 27 (90%) orang pada Siklus III. Sedangkan disposisi matematis siswa pada Siklus I sebesar 76,12%, meningkat menjadi 80,27% pada Siklus II, serta menjadi 90,03% pada Siklus III.


Keywords


penalaran; disposisi matematis; strategi TTW

Full Text:

PDF

References


Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: Depdiknas.

Gerlach, Vernon S. dan Ely, Donald P. 1980. Teaching & Media: A Systematic Approach. New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Kemmis, Stephen dan McTaggart, Robbin. 1988. The Action Research Planner. Victory: Deakin University Press.

Maxwell, K. 2001. Positive Learning Dispositions in Mathematics. [Online]. www.education.auckland.ac.nz/2001/ACE_Paper_3_Issue_11.doc diakses 17 Maret 2014.

Mulyana, Endang. 2009. Pengaruh Model Pembelajaran Matematika Knisley Terhadap Peningkatan Pemahaman dan Disposisi Matematika Siswa SMA Program IPA. Disertasi UPI. Bandung. Tidak Diterbitkan.

Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Suriasumatri, Jujun S. 1999. Filsafat Ilmu: Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Sinar Harapan.

Uno, Hamzah. 2006. Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Winayawati, L., Waluya, S. B., dan Junaedi, I. 2012. Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif dengan Strategi Think-Talk-Write terhadap Kemampuan Menulis Rangkuman dan Pemahaman Matematis Materi Integral dalam Unnes Journal of Research Mathematics Education. Juni 2012. Tersedia di http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.5.1.9-18.2019

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id