Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar di SDN 03 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo

Finartin Uki, Asni Ilham

Abstract


Permasalahan yang menjadi fokus penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa SDN 03 limboto Barat. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 03 Limboto Barat dengan tujuan  untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan studi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan ialah analisis regresi dan korelasi. Anggota populasi pada penelitian ini berjumlah 130 orang, sampel yang digunakan diambil dari populasi tersebut dengan menggunakan teknik Proportionate Sratified Random Sampling yaitu 34 siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh  bentuk persamaan regresi linier sederhana Ŷ = 34,96 + 0,58X sehingga dapat disimpulkan variabel X (Kemandirian Belajar) diikuti variabel Y (Prestasi belajar siswa). Kemudian dari hasil perhitungan koefisien korelasi diperoleh r= 0,852 dengan koefisien determinasi r2= 0,7259. Uji signifikan koefisien korelasi memperoleh hasil perhitungan diperoleh harga t hitung sebesar = 9,22 sedangkan dari daftar distribusi t pada taraf 5% diproleh t daftar = 1,69. Ternyata harga t hitung lebih besar dari t daftar, atau harga t hitung berada di luar daerah penerimaan Ho. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan menerima Ha, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar siswa.


Keywords


Kemandirian Belajar,Prestasi Belajar Siswa

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu dan Widodo Supriyono. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka

Aini Pratistya Nor & Abdullah Taman. 2012. Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Lingkungan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas Xi Ips Sma Negeri 1 Sewon Bantul Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol. X, No. 1.

Ali M, dan Asrori M.2009.Psikologi Remaja. Jakarta: Bumi

A.M. Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi VI). Jakarta : Rineka Cipta.

Ariska,Elsa. 2016. Pengaruh Kemandirian Belajar di Sekolah Terhadap Prestasi Belajar IPA Kelas V SDN Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Tugu Kota Semarang.Skripsi. Semarang. Universitas Negeri Semarang (UNNES)

Awalludin, dkk. 2008. Statistika Pendidikan. Gorontalo: Departemen Pendidikan Nasional

Emzir. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Imadah. 2011. Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Fiqih Kelas VIII MTs Negeri Kota Magelang tahun pelajaran 2010/2011. Skripsi

Fahradina, Nova dkk. 2014. Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP dengan menggunakan model Investigasi Kelompok. urnal Didaktik Matematika Vol. 1, No. 1.

Huri, Suhendri.2010. Pengaruh Kecerdasan Matematis-Logis dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Formatif 1(1): 29-39

Mujiman, Haris. 2007. Manajemen Pelatihan Berbasis Belajar Mandiri. Yogyakarta: Mitra Cendekia.

Paulina, Panen, dkk. 2001. Konstruksivisme Dalam Pembelajaran. Jakarta : PPAUT Dirjen Dikti Depdiknas.

Pratiwi, NK. 2015. Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua, Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Smk Kesehatan Di Kota Tangerang. Jurnal Pujangga Volume 1, Nomor 2.

Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran (Mengembangkan profesionalisme guru). Jakarta: Raja Grafindo Persada

Setiawati, Linda. 2015. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Praktik Kejuruan Siswa SMK Program Studi Keahlian Teknik Komputer dan Informatika. Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 5, Nomor 3.

Sudjana. 2002. Metode Statistika. Edisi keenam. Bandung : Tarsito.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

.2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D Bandung: Alfabeta

Sumini, Endang. Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPS siswa Kelas IV SD Negeri Terbansari 1 yogyakarta tahu Pelajaran 2051/2016. Skripsi.Yogyakarta. Universitas PGRI Yogyakarta

Surya, Hendra. 2003. Kiat Mengajak Anak Belajar dan Berprestasi. Jakarta : Gramedia

Suryabrata, Sumadi. 2006. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa,2002.Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka

Tirtarahardja, Umar dan S.L La Sulo. 2005. Pengantar Pendidikan . Jakarta: Rineka Cipta

Yamin,Martinis. 2008. Taktik Mengembangkan Kemampuan Individu Siswa. Jakarta: Gaung Persada Press




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.6.1.89-95.2020

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id