Implementasi Model Atik Dalam Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Dengan Meniru Pola Gambar

Siti Nurhayati, Srie Harmiasih, Rini Kumari, Sri Watini

Abstract


One of Gardner's multiple intelligences is kinesthetic intelligence. If someone is kinesthetically intelligent then they tend to have strong senses and deep awareness of body movements, they can communicate well through body language and other forms of gestures, they are also able to perform well after others have done it. they observe, then imitate and follow the action (ATIK). But in reality not all children have the same good kinesthetic intelligence, seen in group B students at PAUD Al Faqih, Bogor City, when shown a picture pattern they were asked to imitate it, the results varied, some could easily imitate it, some still have difficulty. The purpose of this study was to see whether the implementation of the ATIK Model could improve early childhood kinesthetic intelligence. The research method is Classroom Action Research (PTK) which is carried out in 2 research cycles. Data collection techniques through student observation and documentation. This research proves that children's kinesthetic intelligence can increase through the application of the ATIK model in learning to imitate the picture patterns shown by the teacher. This is because by observing the picture first carefully, the child begins to try to imitate the body position in the picture pattern, so that when they do it they can match the existing picture pattern. By observing the picture pattern many times and trying to imitate it, the child will more closely approach the image pattern that corresponds to the one in the example.

Salah satu dari kecerdasan majemuk Gardner adalah kecerdasan kinestetik. Jika seseorang cerdas secara kinestetik maka mereka cenderung memiliki indra yang kuat dan kesadaran yang mendalam akan gerakan tubuh, mereka dapat berkomunikasi dengan baik melalui bahasa tubuh dan bentuk sikap tubuh lainnya, mereka juga mampu tampil dengan baik setelah orang lain melakukannya. mereka mengamati, kemudian meniru dan mengikuti tindakan (ATIK). Namun pada kenyataannya tidak semua anak memiliki kecerdasan kinestetik yang sama baiknya, terlihat pada siswa kelompok B di PAUD Al Faqih, Kota Bogor, ketika diperlihatkan pola gambar lalu mereka diminta untuk menirukannya, hasilnya sangat beragam, ada yang bisa dengan mudah menirukannya ada juga yang masih kesulitan. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat apakah implementasi Model ATIK dapat meningkatkan kecerdasan Kinestetik anak usia dini. Metode penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus penelitian. Teknik pengumpulan datanya melalui observasi siswa dan dokumentasi. Penelitian ini membuktikan bahwa kecerdasan kinestetik anak dapat meningkat melalui aplikasi model ATIK pada pembelajaran meniru pola gambar yang diperlihatkan oleh guru. Hal ini karena dengan mengamati gambar terlebih dahulu dengan seksama, anak mulai mencoba menirukan posisi tubuh yang ada di pola gambar, sehingga ketika mereka mengerjakannya bisa sesuai dengan pola gambar yang ada.Dengan mengamati pola gambar berkali-kali dan mencoba menirukannya, maka anak akan semakin mendekati pola gambar yang sesuai dengan yang ada di contoh.


Keywords


Model ATIK; kecerdasan kinestetik; pola gambar

Full Text:

PDF

References


Adawiyah, R., & Watini, S. (2022). Implementasi Model ATIK untuk Meningkatkan Kecakapan Bicara Anak dengan Kegiatan Menyusun Puzzle Gambar Seri di TK Dharma Wanita Persatuan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 883–887. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.507

Arianty, A., & Watini, S. (2022). Implementasi “Reward Asyik” untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Kelompok B di TK Yapis II Baiturrahman. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 939–944. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.515

Ayuni, F. J. P., & Watini, S. (2022). Implementasi Model ATIK Dalam Pembelajaran Literasi Baca Anak Usia Dini Di Rumah Calistung Abaca Kediri. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 1641. https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.1641-1650.2022

Feka, F., & Watini, S. (2022). Penerapan Reward Asyik dalam Meningkatkan Minat Baca melalui Permainan Tebak Huruf di Paud Uma Kandung Tambarangan. JIIP - Jurnal

Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(8), 2849–2854. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i8.773

Fitriana, A. A., Azizah, E. N., & Tanto, O. D. (2021). Pengaruh Media Sosial Tik Tok Terhadap Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini. JCE (Journal of Childhood Education), 5(1), 147. https://doi.org/10.30736/jce.v5i1.504

Hidayati, T., & Watini, S. (2022). Implementasi Model Atik dalam Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak Kelompok A melalui kegiatan Menari di TK Anak Bangsa Rawajati Pancoran. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 657–661. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.479

Jacob, A. M., & Watini, S. (2022). Penerapan Model Atik dalam Pengembangan Motorik Kasar pada Anak ADHD di TK Global Persada Mandiri. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(9), 3281–3287. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.841

Kastanja, J., & Watini, S. (2022). Implementasi Metode Bernyanyi Asyik dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anak Kelompok A1 TK Negeri Pembina Nasional. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(7), 2636–2639. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i7.735

Maharani, D., & Watini, S. (2022). Implementasi Model ATIK dalam Mengembangkan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini TKIT AL Wildan Bekasi. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 662–667. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.480

Noviampura, F. H., & Watini, S. (2022). Meningkatkan Percaya Diri Anak melalui Model Bermain Asyik di RA. Al Miffa. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(8), 2806–2812. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i8.782

Palupi, R., & Watini, S. (2022). Penerapan Model Atik untuk Meningkatkan Kognitif Anak Usia Dini melalui Permainan Tata Balok di PAUD Rama Rama Tangerang Selatan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 621–627. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.466

Patriana, V., Sumarni, S., & Hasmalena. (2017). Peningkatan Kecerdasan Kinestetik Melalui Gerak dan Lagu Anak Kelompok B di PAUD Terpadu BOn Thorif Palembang. Tumbuh Kembang:Kajian Teori Dan Pembelajaran PAUD, 4(2), 1–9. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/tumbuhkembang/article/view/8179

Rahakbauw, H., & Watini, S. (2022). Implementasi Model Atik Dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Dalam Menyusun Pola Abcd-Abcd. Jurnal Buah Hati, 8(2), 1–9. https://ejournal.bbg.ac.id/buahhati/article/view/1696%0Ahttps://ejournal.bbg.ac.id/buahhati/article/download/1696/1364

Rodiah, S., & Watini, S. (2022). Implementasi Permainan Konstruktif dengan Model Atik untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di TK Islam Assyifa Johar Baru. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 640–645. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.472

Rosmauli, C., & Watini, S. (2022). Implementasi Model ATIK untuk Mengembangkan Kemampuan Kognitif Berpikir Logis dalam Kegiatan Menggambar di TK IT Insan Mulia Pancoran. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 888–894. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.510

Setyowati, J., & Watini, S. (2022). Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak melalui Model Bermain “Asyik”(Reward & Yel-Yel “Asyik”) di Tk Mutiara Cemerlang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6, 2065–2072. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/3253%0Ahttps://jptam.org/index.php/jptam/article/download/3253/2714

Sudijandoko, A. (2015). Peningkatan Kinerja Pendidik Paud Dalam Pengembangan Kemampuan Kinestetik. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(1), 91–102. https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.4193

Udjir, N., & Watini, S. (2022). Implementasi Model ATIK Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Melalui Permainan Kartu Bergambar di RA Iftitah Al-Ikhlas Ambon. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 1861. https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.1861-1872.2022

Wahyuningrum, M. D. S., & Watini, S. (2022). Inovasi Model ATIK dalam Meningkatkan Motorik Halus pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5384–5396. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.3038

Watini, S. (2019). Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sains pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 82. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.111

Watini, S. (2020). Pengembangan Model ATIK untuk Meningkatkan Kompetensi Menggambar pada Anak Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1512–1520. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.899




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.9.1.779-790.2023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id