Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Santika Luwuk

Frisel Exel Desber Akakip, Heny Ariwijaya, Ichsan Milang

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimanakah pengaruh dari kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen di Hotel Santika Luwuk. (2) Untuk mengetahui bagaimanakah pengaruh dari promosi terhadap kepuasan konsumen di Hotel Santika Luwuk. (3) Untuk mengetahui bagaimanakah pengaruh dari kualitas pelayanan dan promosi terhadap kepuasan konsumen di Hotel Santika Luwuk. Dalam penelitian ini digunakan data kuantitatif sebagai penunjang data kualitatif, sumber data yang digunakan yaitu data primer melalui penyebaran kuisioner. Data yang diperoleh kemudian diuji analisis regresi linier berganda, dilanjutkan pada tahap uji hipotesis yang dilakukan menggunakkan uji parsial, uji simultan dan uji koefisien determinasi melalui teknik Accidental Sampling dengan menggunakan 100 sampel. Pada hasil uji parsial kualitas pelayanan dan promosi masing-masing memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen pada hotel Santika Luwuk. Secara simultan diketahui kualitas pelayanan dan promosi secara bersama- sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen pada hotel Santika Luwuk.

Keywords


Kualitas Pelayanan; Promosi; Kepuasan Konsumen

Full Text:

PDF

References


A Shimp, T. 2010. Advertising, Promotion, & Other Aspects Of Integrated Marketing Communication. United States : Cengage Learning.

Abdul Manap, 2016. Revolusi Manajemen Pemasaran, Edisi Pertama, Mitra Wacana Media, Jakarta.

Achmad, Kuncoro, 2001, Cara Menggunakan dan Memaknai Analisis Asumsi Klasik, Cetakan Pertama. Bandung: ALFABETA.

Agustianingsih, Wulandari. 2016. Pengaruh Penerapan e-Filing, Tingkat Pemahaman Perpajakan dan Kesadaran Wajib Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak di KPP Peratama Yogyakarta. Nominal, Barometer Riset Akuntansi dan Manajemen. Volume 5 No. 2.

Algifari. 2000. Analisis Teori Regresi : Teori Kasus dan Solusi. Yogyakarta: BPFE.

Alma, B., Riduwan & Sunarto, 2007. Pengantar Statistika Untuk penelitian : Pendidikan, Sosial, Komunikasi, Ekonomi dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Arieca, D. (2002). Tinjauan Atas Pelaksanaan Promosi Di Depok Fantasi Waterpark. 52(1), 1–5.

Arikunto, Suharsimi. 1995. Manajemen Penelitian, Rineka Cipta, Jakarta.

________________. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Assauri, 2017. Manajemen Pemasaran. Jakarta : PT Grafindo Persada

Basu Swastha dan Irawan. 2000. Manajemen Pemasaran Modern, Edisi 2, Yogyakarta : Liberty.

Cetakan ke sebelas. Yogyakarta : Liberty Offset.

Buchari, Alma. 2006. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Dermawan Wibisono, 2003, Riset Bisnis, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Donni Juni Priansa. 2017. Komunikasi Pemasaran Terpadu Pada Era Media Sosial. Bandung: CV Pustaka Setia.

Freddy, Rangkuti. 2006. Teknik Mengukur dan Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan. Jakarta : Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama.

Gerson, Richard F. 2002. Mengukur Kepuasan Pelanggan, Penerbit PPM, Jakarta.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Indrawan, Rully., Yaniawati, R. Poppy, 2014. Metodologi Penelitian. Bandung: PT. REFIKA ADITAMA.

Irawan, Handi, 2004, Kepuasan Pelanggan, PT Gramedia Pustaka, Jakarta.

Khan, Shahzad., Hussain, Syed majid., Yaqoob, fahad. 2012. Determinants of customer satisfaction in fast food industry, international journal management and strategy, vol 3.

Kotler, Philip. 2000. Prinsip – Prinsip Pemasaran, Jakarta : Prenhalindo.

Kelompok Gramedia.

Kotler, Amstrong. 2001. Prinsip-prinsip pemasaran, Edisi kedua belas, Jilid 1. Jakarta: Erlangga

_______________. 2017. Pemasaran, Edisi Pertama. Salemba Empat : Jakarta

Laksana, M. F. (2019). Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. Sukabumi: CV Al Fath Zumar.

Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa, Salemba Empat, Jakarta.

Nazir, Moh. 2005. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Parasuraman, Zeithaml, Valeria A, dan Berry Leonard. 2000. A conceptual Model of Service Quality and its Implication for Future Research, Journal of Marketing.

Pardede, Ratlan. Manurung, Renhard. 2014. “Analisis Jalur”. Jakarta: Rineka Cipta

Ridwansyah, Ardhi. 2017. Instant Marketing For Busy People : Rangkuman Intisari Pemasaran. Esensi. Jakarta.

Stanton, William J. 2012. Prinsip Pemasaran, Alih Bahasa : Yohanes Lamarto Penerbit Erlangga, Jakarta.

________________. 2005. “Prinsip Pemasaran”, Edisi Ketujuh, Jilid I, Penerjemah : Yohanes Lamanto, MBA, MSM., Penerbit Erlangga.

Sugiyono. 2001. Metode Penelitian, Bandung: CV Alfa Beta.

Sunyonto, Danang. 2014 Konsep Dasar Riset Pemaasaran Dan Perilaku.Konsumen. Yogyakarta: Center For Academic Publishing Service.

Surat Keputusan Menteri Perhubungan R.I. No. PM 10/PW – 301/Phb. 77, tanggal 12 Desember 1977. (1977). Jakarta: Departemen Perhubungan.

Tjiptono, Fandy. 2002. Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Penerbit Andi.

_____________. 2005. Strategi Pemasaran. Edisi Kedua. Yogyakarta: Andi Offset.

_____________. 2004. Manajemen Jasa, Edisi Pertama, Yogyakarta, Andi Offset.

Wahyu. 2012. Pengaruh Audit Kinerja Sektor Publik dan Idependensi Auditor Terhadap Akuntabilitas Publik Survey pada Dinas Pemerintah Kota Bandung. Bandung : Magister Akuntansi Universitas Padjajaran

Widanaputra, A,A. 2009. Akuntansi perhotelan pendekatan sistem informasi. Yogyakarta : graha ilmu Yulianto, Akbar Dwi (2017) Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Kentucky Fried Chicken (KFC) Surabaya. Undergraduate Thesis, Stie Perbanas Surabaya.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.9.1.485-500.2023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id