Kemampuan Manajerial Kepala Madrasah Sebagai Supervisor Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di MTS Alkhairaat Pusat Palu

Darmansyah Darmansyah, Musta'an Karadjo, Syahrani M. Thahir, Sakina Sakina, Windra Windra

Abstract


Masalah pada penelitian ini meliputi: Bagaimana bentuk-bentuk kemampuan Kepala MTs Alkhairaat Pusat Palu sebagai supervisor? Bagaimana pelaksanaan supervisi dalam meningkatkan kinerja Guru di MTs Alkhairaat Pusat Palu? Bagaimana implikasi supervisi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja Guru di MTs Alkhairaat Pusat Palu? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dalam bentuk penelitian lapangan (field research), data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis dengan proses analisis reduksi data dan penyajian data. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa: kemampuan manajerial kepala MTs Alkhairaat Pusat Palu yakni: Kemampuan Konseptual meliputi perumusan program kerja madrasah, Rencana Jangka pendek, menengah, dan Jangka panjang. Adapun kemampuan teknis kepala madrasah dalam hal pembenahan pembelajaran dengan upaya-upaya pemenuhan sarana dan prasarana pembelajaran. Kemampuan menjalin hubungan manusia yakni dengan menjaga hubungan kemanusiaan dengan para guru, stafnya dan stekholder pendidikan yang memiliki kaitan dengan pengembangan madrasah. Pelaksanaan supervisi dalam meningkatkan kinerja guru di Madrasah MTs Alkhairaat Pusat Palu dilakukan dengan tiga pola yaitu: Pengawasan Kepala Madrasah dalam hal pengawasan pembelajaran, mengadakan rapat dan penerapan disiplin aturan madrasah. Program Pengembangan guru dengan langkah mengadakan pelatihan bagi guru, mengikuti kegiatan kelompok kerja guru (KKG) tingkat Madrasah dan Wilayah, mengikuti musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) dan tugas belajar ke jenjang lebih tingi. Adapun evaluasi kepala Madrasah MTs Alkhairaat Pusat Palu dilakukan dengan evaluasi terhadap program yang dilakukan. Adapun implikasi supervisi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di Madrasah MTs Alkhairaat Pusat Palu, meliputi: Efektifitas Pembelajaran, peningkatan Mutu Guru/SDM dan peningkatan kinerja guru. Sebagai saran dari penelitian ini diharapkan Kepala Madrasah MTs Alkhairaat Pusat Palu sebagai supervisor mempertahankan kemampuan yang dimiliki pada aspek kemampuan manajerial dalam meningkatkan mutu dan pencapaian visi madrasah.

Keywords


Suvervisi; kinerja guru

Full Text:

PDF

References


A, Sanusi. Kapita Selekta Pembahasan Masalah Sosial dan Pendidikan Bandung: FPS IKIP Bandung, 1989.

Ali, Sayuthi. Metodologi Penelitian Agama Pendekatan Teori dan Praktek, Cet.I; Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2002.

Alsa, Asmadi Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif Serta Kombinasinya Dalam Penelitian Psikologi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.

Amin Thaib BR, M, dan Ahmad Robie. Standar Supervisi Pendidikan Pada MTs, Cet. I; Jakarta: Depag RI, 2005.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta, 1991.

Atmodiwirio,Soebagio. Manajemen Pendidikan Indonesia, Semarang: CV Ardadizya Jaya, 2000.

B. Miles Matthew dan A. Michael Huberman. Analisis Data Kualitatif, Buku Tentang Metode-Metode Baru,. Cet. I; Jakarta: UI-Press, 1992.

Burhanuddin. Analisis Administrasi, Mmanajemen dan Kepemimpinan Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 1994.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1994.

Fattah, Nanang. Landasan Manajemen Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 1996

Hamidy, Zainuddin dkk. Terjemah Hadis Shahih Buchari, Jakarta: Widjaya, 1961.

Handoko. T, Hani. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia, Yogyakarta: BPFE, 1993.

Hariwung. Supervisi Pendidikan (Jakarta Depdikbud, P2LPTK,1980.

Hasbullah. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan, Jakarta: RajaGrafindo Persada,1999.

Hasri, Salfen Sekolah Efektif dan Guru Efektif, Yogyakarta: Aditya Media, 2009.

Imron, Ali. Pembinaan Guru di Indonesia, Jakarta: Pustaka Jaya, 1996.

Jawas, Umiati. Model Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah di Tingkat Sekolah Menengah Atas Negeri di Kota Malang, Malang: Lembaga Penelitian Universitas Muhamadiah Malang, 2008.

Kaufman, Roger. Planning Educational System (New Holland Avenue: Technomic Publishing Company, Inc, 1988.

King, Patricia. Performance Planning and Appraisal, New York: McGraw-Hill Book Company, 1993.

Kusna. Kemampuan Manajerial Kepala Madrasah dan Implikasinya Terhadap Kualitas Guru, Jakarta: Rineka Cipta, 2000.

Lazaruth, Soewadji. Kepala Sekolah dan Tanggung Jawabnya, Yogyakarta: Kanisius, 1994.

Lazaruth,Soewadji. Kepala Sekolah dan Tanggung Jawabnya, Yogyakarta: Kanisius, 1994.

M, Echols John dan Hasan Shadily. Kamus Inggris-Indonesia: An English-Indonesian Dictionary, Jakarta: Penerbit PT. Gramedia, 1997.

M.F, Gaffar. Perencanaan Pendidikan: Teori dan Metodologi, Jakarta: Proyek PLPTK Dirjen Dikti Depdikbud, 1987.

Margono, S. Metodologi Penelitian pendidikan, Cet; III, Jakarta: Rineke Cipta, 2000.

Moedjiono, Imam. Kepemimpinan dan Keorganisasian, Yogyakarta: UI Press, 2002.

Moelong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif, Cet. XII; Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000.

Mulyasa, E. Manajemen Berbasis Sekolah, Bandung: PT Rosdakarya, 2002. …………... Menjadi Kepala Sekolah Profesional Dalam Konteks Menyukseskan MBS dan KBK, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2003.

N, Fattah. Landasan Manajemen Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 1996.

Nasution. Metode Research, Bandung: Jemmars, 1991.

Nata, Abuddin Kapita Selekta Pendidikan Islam, Bandung: Angkasa, 2003.

Nurtain. Supervisi Pengajaran (Teori dan Praktek), Jakarta: Depdikbud, 1980.

Siagian, Sondang Fungsi-Fungsi Manajerial, Jakarta: Bumi Aksara, 1992.

P, Atmosudirdjo. Organisasi dan Manajemen, Jakarta: Kaunika, 1996.

Pidarta, Made. Pemikiran Tentang Supervisi Pendidikan, Surabaya: Sarana Press, 1997. Purwanto,Ngalim. Administrasi dan Supervisi, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002.

R. Robbins, Stephen. Perilaku Organisas Jilid I, Terjemahan Tim Indeks, Jakarta: PT. Ineks Kelompok Gramedia, 2003.

Republik Indonesia, Undang-Undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen serta UU No. 20 Tahun 2003 Tentang SISDIKNAS, Bandung: Penerbit Citra Umbara, 2006. Rifai, Lutfiana, Imam. Makalah “Supervisi Pendidikan” Institut Agama Islam Sunan Giri, Ponorogo, 2008. Rohani,Ahmad. Pedoman Penyelenggaraan Administrasi Pendidikan di Sekolah, Jakarta: Bumi Aksara, 1991.

Rohendi, Tjeptjep. Analisis Data Kualitataif, Cet.I; Jakarta: UI-Pres, 1992.

S, Kossen. Aspek Manusia dalam Organisasi, Jakarta: Erlangga, 1986.

Sagala, Syaiful. Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan ,Bandung: Alfaeta, 2009.

Sahertian. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan: Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia, Jakarta: Rineka Cipta, 2000.

Sahertian. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan: Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia, Jakarta: Rineka Cipta, 2000.

Siagian, H. Administrasi Pendidikan Suatu Pendekatan Sistem, Semarang: Satya Wacana, 1992.

Siagian, P. Sondang. Fungsi-Fungsi Manajemen, Jakarta: PT Gunung Agung, 1992.

Silahahi, Ulbert. Studi tentang Ilmu Administrasi: Konsep, Teori, dan Dimensi, Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2002.

SP. Hasibuan, Malayu. Manajemen: Dasar, Pengertian, dan Masalah, Jakarta: Penerbit Bumi Aksara, 2001.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R dan D, Bandung: Alfabeta, 2010.

Sukirman, Hartati. Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Yogyakarta: FIP IKIP, 1999.

Sukiswa, Iwa. Dasar-Dasar Umum Manajemen Pendidikan, Bandung: Tarsito. 1986. Suprayogo, Imam. Pendidikan Berparadigma Al-Qur’an, Malang: Aditya Media Bekerja Sama dengan UIN Malang Press, 2004.

Sutisna,O. Administrasi Pendidikan Dasar Teoritis untuk Praktik Profesional Bandung: Angkasa, 1993.

Syafaruddin. Manajemen Pembelajaran, Jakarta: Quantum Teaching, 2005.

Terry, G.R. The Principles of Management, Third Edition. Homewood Illinois: Richard Irwin. 1987.

Umar, Husen. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Terisi Bisnis, Cet. I; Jakarta: PT. Raja Grapindo Persada, 2001




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.9.1.449-458.2023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id