Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Context Based Learning terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Peserta Didik pada Pembelajaran IPA di Kelas IV

Zakiatush Sholihah, Asis Saefuddin, Siti Khozanatu Rahmah

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk menganilisis efektivitas penerapan model Context Based Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain quasi eksperimen yang dilaksanakan di salah satu SD di Kabupaten Sumedang. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas 4 SD di sekolah tersebut sebanyak 22 eksperimen dan 22 kelas kontrol. Teknik sampling yang digunakan yaitu saturation sampling atau sampling jenuh. Intrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu soal tes berupa esai untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif siswa sebanyak lima soal, serta lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran yang terjadi. Hasil penelitian diperoleh bahwa Context Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa secara signifikat berdasarkan hasil uji hipotesis uji Man Whitney U dengan taraf signifikansi (α) 5%.

Keywords


Model Pembelajran CBL; Berpikir Kreatif

Full Text:

PDF

References


Abidin, Z. (2020). Efektivitas pembelajaran berbasis masalah, pembelajaran berbasisproyek literasi, dan pembelajaran inkuiri dalam meningkatkan kemampuan koneksi matematis. Profesi Pendidikan Dasar,7(1), 37-52.

Adiar, J. (2007). The Art Of Creative Thinking: „How to Be Innovative and DevelopeGreatIdeas‟.Londo: KogaPage.

Afandi,M.,Chamalah,E.,&Wardani,O.P.(2013).Modeldan Metode Pembelajaran di Sekolah.Semarang:UnissulaPres..

Arifin, Z. (2014). Penelitian Pendidikan: Metode dan Paradigma Baru. Bandung :PT.Remaja Rosdakarya..

Azhari. (2013). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa Melalui Pendekatan Konstruktivismedi Kelas.

Bennett, J. (2007). Bringing science to life: A synthesis of the research evidence onthe effects of context-based and STS approaches to science teaching. ScienceEducation, 347–370.

BSNP.(2006).StandarIsi2006MataPelajaranIPA.Jakarta:BSNP.

Chritiana.(2002).Akustika Bangunan, Prinsip-Prinsip dan Penerapannya diIndonesia. Jakarta: Erlangga.

Dori, Y. J., & others. (2018). Context-Based Learning and Metacognitive Prompts forEnhancing Scientific Text Comprehension. International Journal of Science Education, 0.0, 1–23.

Edward. (2012). Context Based Learning. Newcastel:Enclopediya Of the Sciences Learning.

Fahmi.(2016).Strategi Pembelajaran Contextual Teachingand Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA “Mengembangkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Melalui Pembelajaran IPA.

Fathurrohman, M. (2015). Model-model pembelajaran. Jogjakarta: Ar-ruzz media.Febriani,C.(2017).Pengaruh Media Video terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kognitif Pembelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar.Jurnal Prima Edukasia, 1, 5.

Gardner,J.W.(2007).Problem based learning. Retrieved from http://www.studygs.net/pbl.htm.

Guilford, J. P. (1967). The Nature of Human Intelligence. New York: McGraw-

http://repo.iain-tulungagung.ac.id/13639/5/BAB%20II%20.pdf.

Jankowska,D.M.,Gajda,A.,&Maciej Karwowski, (2019). How ChildrenS Creative Visual Imaginationand Creative Thinkin G Relateto Their Representation of Space. International Journalof Science Education,1-22

Jong, O. (2006). Context-Based Chemical Education. Seoul: Disajikan pada ICCE 19.

Kadir,A.(2015). Menyusun Dan Menganalis Tes Hasil Belajar. JurnalAl- Ta'dib, 8(2), 70 - 81.

Khuang, C. Y. (2015). Ministry of Science and Technology. International Journal ofScience and Mathematics Education.

Listyawati,&NiNym,M.(2013).Pengaruh Model Pembelajaran Kuantum Berbantuan Peta Pikiran Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Ipa Kelas V Sd. Mimbar PGSD Retrieved from http://ejournal.undiksha.ac.id/index.p

Mahanal, S., & Zubaidah, S. (2017). Model Pembelajaran Ricosre Yang BerpikirKreatif. 676-685.

Mahmudi,A.(2010).Mengukur Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Pendidikan Matematika FMIPA UNY Yogyakarta Makalah Disajikan 137Jurnal Analisa, 130-137 .

Malik, A., Kurnia, E., & Robiatus, S. (2016). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Context BasedLearning.2,23–30.

Mari, A. E., & Sigahitong, M. (2018). Pengaruh Model Problem Based LearningTerhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik SMA Prisma Sains .Jurnal Pengkajian Ilmu DanP embelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram,6(2), 66.

Munandar, & Utami. (2009). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat.Jakarta:Rineka Cipta.

Nuryanti, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan, 3(2),Hal 155—158.

Prasetyo,S.(2015). Pengembangan Media Lectora Inspire Dalam Pembelajaran Sains Di Madrasah Ibtidaiyah. (IV),319-337.

Purnamasari, J., Herpratiwi, H., & Kandar, S. (2015). Evaluasi Pembelajaran Ipa Berbasis Pendidikan Karakter. Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi Pendidikan. Retrieved from http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php /JTP/article/view/1551.

Seery,& Michael. (2014).Retrieved Desember Senin2 0.12 WIB 2014, from Context Based Learning (online):http://www.rsc.org/blogs/eic/2014/07/ context - based-learning-icc

Sergio.(2012).Context Based Learnig Throught Understending.4.

Slameto.(2003).Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Smits, L., Taconic, R., & Jochems, W. (2013). Mapping Context- Based Learning Environments: The Contruction of an Instrument. Learning Envion Res,16:437-462.

Susiani,K.,Dantes,&Tika.(2013).Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Terhadap Kecerdasan Sosio - Emosional Dan Prestasi Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd Di Banyuning. Jurnal Pendidikan Dasa Retrieved from http://119.252.161.254/ejournal/index.php/jurnal_pendas/arti.

Trimmer,W.,Laracy,K.,&Love-Gray,M.(2009).Seeing TheBigger Picture Context-Based Learning. Whitireia Community Polytechnic Good Pratice Publication Grants, 1-6.

Trisnani, Hasyim, & Djasmi, S. (2015). Evaluasi Program Pembelajaran Ipa. Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi Pendidikan http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JTP/article/view/4778.

Trochim, W. M., & Donnelly, J. P. (2006). The research method knowledge base (3rded.).Cincinnati, OH: AtomicDog.

Wena,M.(2009).Strategi Pembelajaran Inovatif Kontenporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasiona.Jakarta: Bumi Aksara.

Wijaksono,A.(2017).Pengaruh Context Based Learning (CBL) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Skripsi.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.9.1.209-218.2023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id