Potret Keluarga Kecil Indonesia - Jepang dalam Keluarga Somat dan Crayon Shinchan

Bertha Nursari, Zainur Fitri, Herlina Sunarti, Renata Dosi Agustin

Abstract


Keluarga Somat dan Crayon Shinchan menampilkan potret keluarga kecil yang terdiri dari ayah, ibu, dan dua orang anak. Kedua keluarga kecil ini memiliki kesamaan dalam bentuk nuclear family, di mana mereka merupakan keluarga inti yang hidup bersama. Penelitian ini akan membahas tentang potret kehidupan kedua keluarga dalam dua animasi ini. Selain membahas mengenai persamaan dan perbedaan antar kedua keluarga ini, penelitian ini juga akan membahas mengenai fungsi keluarga yang tergambar di dalamnya. Penelitian dilakukan dengan menggunakan literature research. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Keluarga Somat dan Crayon Shinchan adalah gambaran keluarga kelas menengah dengan problematikanya masing-masing, tetapi memiliki kesamaan dengan adanya anak pertama laki-laki yang sering kali menimbulkan masalah bagi kedua orangtuanya.


Keywords


keluarga somat; crayon shinchan; karakter; keluarga inti

Full Text:

PDF

References


Agusta, I. (2009). Empowering Kinship to Counter Control on Family Discourse in Indonesia. Journal of Asia Pacific Studies, 1(1).

Atika, R. (2021). Pesan Dakwah Dalam Film Animasi Keluarga Somat (Study Analisis Semiotik Roland Barthes) (Doctoral dissertation, UIN SMH BANTEN).

CHAIRUNISA, R. (2019). ANALISIS MANIFESTASI SISTEM IE PADA MASYARAKAT JEPANG DEWASA INI (Doctoral dissertation, KODEPT043131# SekolahTinggiBahasaAsingJIA).

Davies, R. J., & Ikeno, O. (2011). Japanese mind: Understanding contemporary japanese culture. Tuttle Publishing.

Hashimoto, A., & Traphagan, J. W. (2008). Changing Japanese Families. Imagined families, lived families: Culture and kinship in contemporary Japan, 1-12.

Mangundjaya, W. L. H. (2013). Is there cultural change in the national cultures of Indonesia? In Y. Kashima, E. S. Kashima, & R. Beatson (Eds.), Steering the cultural dynamics: Selected papers from the 2010 Congress of the International Association for Cross-Cultural Psychology. https://scholarworks.gvsu.edu/iaccp_papers/105/

Puspitawati, H., & Manusia, K. F. E. (2014). Fungsi Keluarga, Pembagian Peran dan Kemitraan Gender dalam Keluarga. Tersedia: http:/ikk. fema. ipb. ac. id/v2/images/karyailmiah/kemitraan_gender. pdf,

Rahmah, Y. (2013). Unsur Budaya Masyarakat Jepang dalam Sanmai no Ofuda. Izumi, 1(1).

Wahidin, U. (2017). Peran strategis keluarga dalam pendidikan anak. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 1(02).




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.9.1.459-472.2023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id