Hubungan Pelayanan Widyaiswara Dengan Penyelenggaraan Pelatihan di UPT Pelatihan Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur

Ahmad Shobirin, Sucipto Sucipto, Sri Wahyuni, Lasi Purwito

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui kualitas pelayanan widyaiswara pada kegiatan pelatihan di UPTP Koperasi & UKM Provinsi Jawa Timur. (2) Mengetahui kualitas penyelenggaraan pelatihan di UPTP Koperasi & UKM Provinsi Jawa Timur. (3) Mengetahui hubungan antara pelayanan widyaiswara terhadap penyelenggaraan pelatihan pada pelatihan di UPTP Koperasi & UKM Provinsi Jawa Timur. Penelitian ini mempergunakan rancangan penelitian kuantitatif serta analisis korelasional. Populasi penelitian ini yaitu peserta pelatihan pada tanggal 02 – 04 Desember 2021 dengan jumlah 30 orang. Teknik sampel yang digunakan adalah total sampling. Teknik pengumpulan data dengan metode kuesioner. Hasil penelitian diketahui bahwa kualitas pelayanan widyaiswara dapat dilihat dari persentase dimensi yaitu bukti fisik (89,6%), keandalan (86%), daya tanggap (87,17%), jaminan (88,17%), dan empati (88,67%). Kemudian kualitas penyelenggaraan pelatihan dilihat dari tiga dimensi yaitu sasaran dan perencanaan sistem (89,5%), ketepatan sistem (91,3%), dan materi pelatihan (92,2%). Dari penelitian tersebut diketahui kedua variabel berhubungan secara signifikan dengan bentuk hubungan positif.


Keywords


Pelayanan Widyaiswara; Penyelenggaraan Pelatihan

Full Text:

PDF

References


Adib, H. S. (2017). Teknik Pengembangan Instrumen Penelitian Ilmiah Di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam. Prosiding Seminar Nasional & Internasional.

Arjita, U. A. (2019). Pengaruh Kompetensi Widyaiswara Terhadap Prestasi Peserta Diklat Pada Matadiklat Etika Publik di Pusdiklat BPS. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(1), 76–81.

Astuti, C. C. (2017). Analisis korelasi untuk mengetahui keeratan hubungan antara keaktifan mahasiswa dengan hasil belajar akhir. JICTE (Journal of Information and Computer Technology Education), 1(1), 1–7.

Busono, G. A. (2017). Pengaruh Sistem Pelatihan dan Pengembangan Karyawan Terhadap Kinerja Karyawan PT. Persada Sawit Mas (PSM) Kecamatan Pampangan Kabupaten Ogan Komering Ilir. Muqtashid, I(01), 81–114. https://jurnal.um-palembang.ac.id/muqtashid/article/view/266/238

Darusman, M. (2020). PENINGKATAN KOMPETENSI WIDYAISWARA DALAM PENULISAN KARYA ILMIAH MELALUI PELATIHAN KTI. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 1(3), 241–252.

Desyanty, E. S., Wahyuni, S., Astuti, W., & Rahma, R. A. (2020). Pelatihan Pembuatan Alat Permainan Edukatif (APE) Berbahan Limbah Rumah Tangga Bagi Pendidik PAUD Terintegrasi Posyandu. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 32–39.

Jayanti, N. D., & Purwanti, S. (2017). Kualitas Pelayanan (Reliability, Responsiveness, Assurance, Emphaty, Tangibles) di Legend Premium Coffee Yogyakarta. Journal of Culinary Education and Technology, 6(1).

Najmi, F. (2017). Pengaruh keandalan dan prosedur pelayanan terhadap kepuasan masyarakat pada Kantor Urusan Agama Liang Anggang Kota Banjarbaru. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 3(2).

Neonufa, S., Hardika, H., & Nasution, Z. (2016). Pelatihan tenun ikat di Rumah Pintar Sonaf Soet Hinef (analisis dampak pelatihan dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga perempuan penenun). Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(6), 1216–1223.

Priyono, P. (2016). BUKU METODE PENELITIAN KUANTITATIF.

Puji Lestari, F. A. (2018). Faktor–Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan. Sosio E-Kons, 10(2), 179. https://doi.org/10.30998/sosioekons.v10i2.2718

Rasyad, Ach. (2014). Pendidikan dan Pelatihan Dalam Pemberdayaan Masyarakat. Elang Emas.

Rosena, A. W., Zulkarnain, Z., & Widianto, E. (2021). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Hasil Belajar Peserta Pelatihan Berbasis Kompetensi di UPT BLK Singosari Malang. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 1(10), 784–796.

Setianto, G., & Wartini, S. (2017). Pengaruh Bukti Fisik Dan Empati Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Kepuasan Konsumen. Management Analysis Journal, 6(4), 367–376.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (26th ed.). Alfabeta.

Trisnaningsih, Y. (2021). Kualitas Layanan Widyaiswara dan Kepuasan Peserta Pelatihan di BPSDMD Provinsi Sulawesi Tengah. Jurnal Widyaiswara Indonesia, 2(2), 71–84.

Udiutomo, P. (2011). Analisa Tingkat Kepuasan Siswa Terhadap Layanan Program Smart Ekselensia Indonesia Tahun 2011. Jurnal Pendidikan Dompet Dhuafa, 1(1), 50–66.

Zhou, H., Deng, Z., Xia, Y., & Fu, M. (2016). A new sampling method in particle filter based on Pearson correlation coefficient. Neurocomputing, 216, 208–215. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.neucom.2016.07.036




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.9.1.177-186.2023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id