Efek Psikologis Pembelajaran Homeschooling dalam Penerapan Teori Sosial Kognitif dan Konstruktivisme

Akbar Nur Aziz, Azam Syukur Rahmatullah, Titi Anjasari, Sita Anna Janti

Abstract


Homeschooling merupakan alternatif pendidikan dimana siswa belajar tidak perlu datang ke sekolah, melainkan belajar mandiri di rumah didampingi orang tua maupun guru privat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dampak psikologis siswa dalam proses pembelajaran Homeschooling yang dilihat dari teori belajar Sosial Kognitif dan Konstruktivisme. Penelitian ini menggunakan metode kajian pustaka dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah penerapan teori belajar Sosial Kognitif dan Konstruktivisme dalam pemebelajaran Homeschooling kurang sesuai, karena menimbulkan efek psikologis seperti keyakinan atas penguasaan yang dimilikinya serta motivasi yang tinggi untuk meraih kesuksesan. Hal tersebut menjadi hal yang positif karena menghilangkan rasa minder atau tidak percaya diri siswa jika dihadapkan pada sekolah formal dimana siswa akan berkompetisi untuk menjadi yang terbaik. Namun, efek psikologis lainnya yang ditumbulkan dari pembelajaran Homeschooling ialah siswa menjadi pribadi yang individualis serta kurang rasa sosialnya dengan lingkungan masyarakat.


Keywords


Homeschooling; Sosial Kognitif; Kosntruktivisme; Psikologi

Full Text:

PDF

References


afiat, Z. (2019). Homeschooling; Pendidikan Alternatif Di Indonesia. Jurnal Visipena, 10(1), 33–35.

Al Mufti, A. Y. (2018). Komparasi Hasil Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Inklusi Dan Homeschooling. Journal Educative : Journal Of Educational Studies, 3(2), 188. Https://Doi.Org/10.30983/Educative.V3i2.547

Andriani, F. (2015). Teori Belajar Behavioristik Dan Pandangan Islam Tentang Behavioristik. Syaikhuna: Jurnal Pendidikan Dan Pranata Islam, 6.

Anjani, F. (2020). Socioedu: Sociological Education. Socioedu: Sociological Education, 1(1), 11–19.

Ariefianto, L. (2017). Homeschooling : Persepsi, Latar Belakang Dan Problematikanya (Studi Kasus Pada Peserta Didik Di Homeschooling Kabupaten Jember). Jurnal Edukasi, 4(2), 21. Https://Doi.Org/10.19184/Jukasi.V4i2.5205

Azahra, L. R., & Ilyas, I. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Homeschooling Primagama Semarang. Journal Of Nonformal Education And Community Empowerment, 3(1), 67–77. Https://Doi.Org/10.15294/Pls.V3i1.23921

Aziz, A. N., Prastya, D. E., Jubba, H., & Wahyuni, H. (2021). Evaluasi Kurikulum Pendidikan Agama Di Sekolah Dasar Muhammadiyah 001 Sebatik Barat. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 7(3), 1. Https://Doi.Org/10.32884/Ideas.V7i3.409

Azizah, El. N., Tanto, O. D., Naningtias, S. A., & Rahmawati, R. U. (2020). Bimbingan Teknis Penyelenggaraan Pendidikan Keluarga Kabupaten Ngawi. Indonesian Journal Of Community Engagement (Ijce), 1(1), 7–12.

Badi’ah, Z. (2021). Implikasi Teori Belajar Kognitif J. Piaget Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Dengan Metode Audiolongual. Attractive : Innovative Education Journa, 3(1), 78–90.

Budyastuti, Y., & Fauziati, E. (2021). Penerapan Teori Konstruktivisme Pada Pembelajaran Daring Interaktif. Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2), 112–119.

Darmalaksana, W. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka Dan Studi Lapangan. Pre-Print Digital Library Uin Sunan Gunung Djati.

Ekawati, H. (2022). Implementasi Teori Belajar Sosial. Tanjak: Journal Of Education And Teaching, 3(1), 30–38. Https://Doi.Org/10.35961/Tanjak.V3i1.420

Fitriana, A. (2016). Efektivitas Pelaksanaan Pendidikan Homeschooling Sebagai Pendidikan Alternatif Dalam Mengembangkan Potensi Anak Di Homeschooling Kak Seto Jakarta Selatan. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus), 1(1), 79–95.

Hanaco, I. (2013). I Love Homeschooling, Sehala Sesuatu Yang Harus Diketahui Tentang Homeschooling. Pt. Gramedia Pustaka Utama.

Hanelahi, Doubitauliya & Ketut, A. (2020). Literasi Digital Dalam Peningkatan Kompetensi Peserta Didik Distance Learning Di Homeschooling. Jurnal Pendidikan Untuk Semua, 4(4), 112–129. Https://Journal.Unesa.Ac.Id/Index.Php/Jpls/Article/View/13540/0%0ahttps://Journal.Unesa.Ac.Id/Index.Php/Jpls/Article/Download/13540/5620

Ilmiah Keagamaan, J., Dan Kemasyarakatan, P., & Rasyidi Stai Al-Jami, A. (2018). Homeschooling Ditinjau Dari Ilmu Psikologi Sosiologi Dan Ekonomi. Darul Ulum: Jurnal Ilmiah Keagamaan, Pendidikan Dan Kemasyarakatan, 9, 206–225.

Junida, D. S. (2019). Kecanduan Online Anak Usia Dini.Walasuji,10, 57-68.Pendidikan Era 5.0potensialakademikrisetfun Learningpublikasikarakter.

Lesilolo, H. J. (2019). Penerapan Teori Belajar Sosial Albert Bandura Dalam Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Kenosis: Jurnal Kajian Teologi, 4(2), 186–202. Https://Doi.Org/10.37196/Kenosis.V4i2.67

Marhayati, N., Chandra, P., & Fransisca, M. (2020). Pendekatan Kognitif Sosial Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Dayah: Journal Of Islamic Education, 3(2), 250. Https://Doi.Org/10.22373/Jie.V3i2.7121

Mariana, N., Azis, A., & Setiawan, I. (2019). Pengembangan Kecerdasan Spritual Anak Usia Dini Melalui Homeschooling. Tarbiyah Al Aulad, 4(1), 27–44.

Masgumelar, N. K., & Mustafa, P. S. (2021). Teori Belajar Konstruktivisme Dan Implikasinya Dalam Pendidikan. Ghaitsa: Islamic Education Journal, 2(1), 49–57. Https://Siducat.Org/Index.Php/Ghaitsa/Article/View/188

N, L. (2008). Belajar Dan Pembelajaran Sd. Dirjen Pendidikan Tinggi Depdiknas.

Nurfatimah Sugrah. (2019). Implementasi Teori Belajar Konstruktivisme Dalam Pembelajaran Sains. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, Volume. 19, Hal :121-138.

Nurhidayati, E. (2017). Pedagogi Konstruktivimse dalam Praksis Pendidikan Indonesia. Indonesian Journal Of Educational Counseling, 1(1), 5.

Nurjan, S. (2016). Psikologi Belajar (2nd ed.). Wade Group. BuatBuku.com

Putro, K. Z., Amri, M. A., Wulandari, N., & Kurniawan, D. (2020). Pola interaksi anak dan orangtua selama kebijakan pembelajaran di rumah.Fitrah: Journal of Islamic Education, 1, 124–140.

Robbani, H., Megayanti, W., & Prasmoro, A. V. (2020). Formative Assessment Strategies Using Elearning. NUCLEUS, 1(1), 45–49.

Robbani, H., Rosadi, N., & Nurfitria, O. (2020). Creating a Learning Management System at the Smart Bangun Negeri Community Learning Activity Cente. KANGMAS: Karya Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 1(2), 75–78. https://doi.org/https://doi.org/10.37010/kangmas.v1i2.52

Rustiana, E. R. (2011). Efek Psikologis dari Pendidikan Jasmani ditinjau dari Teori Neurosains dan Teori Kognitif Sosial. Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, 1(2). https://doi.org/10.15294/miki.v1i2.2035

Saputro, M. N. A. (2021). Mengukur Keefektifan Teori Konstruktivisme Dalam Pembelajaran M. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 4(1), 24–39. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/joeai.v4i1.2151

Sari, M., & Asmendri, A. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 6(1), 41–53. https://doi.org/10.15548/nsc.v6i1.1555

Sodik, H., & Sumenep, T. P. (2020). Konsep Homeschooling dalam Prespektif Pendidikan Islam. Jurnal Kariman, 08(1), 25–40.

Soli Abimanyu. (2008). Strategi Pembelajaran. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Sugrah, N. U. (2020). Implementasi teori belajar konstruktivisme dalam pembelajaran sains. Humanika, 19(2), 121–138. https://doi.org/10.21831/hum.v19i2.29274

Sulastri. (2016). Penerapan Teori Kognitif Sosial. Al-Ashr, 1(1), 125–141. http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/alashr/article/view/842

Suzana, Yeni., & Jayanto, I. (2021). Teori Belajar dan Pembelajaran (1st ed.). Literasi Nusantara.

Syukri Amin, I. A. A., Bengkulu, P. A. I. U. M., & A. (2021). Pendekatan Sosial Kognitif Dalam Pembelajaran. Journal of Islamic Education), 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.9.1.113-128.2023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id