Pengaruh Kualitas Layanan Administrasi Terhadap Kepuasan Siswa di Madrasah Aliyah DDI Lemo Bajo

Hasrawia Hasrawia, Nur Alim, Syahrul Syahrul

Abstract


Penelitian ini membahas tentang pengaruh kualitas layanan administrasi akademik terhadap kepuasan peserta didik di Madrasah Aliyah DDI Lemo Bajo. Tujuan penelitian ini dimaksudkan pertama, untuk mengetahui kualitas layanan administrasi akademik. Kedua, untuk mengetahui tingkat kepuasan peserta didik. Ketiga, untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan administrasi akademik terhadap kepuasan peserta didik di Madrasah Aliyah DDI Lemo Bajo. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian survei yang menggunakan metode pendekatan korelasional. Adapun jumlah populasi yaitu 120 siswa Madrasah Aliyah DDI Lemo Bajo dengan pengambilan sampel menggunakan metode probability sampling dengan teknik startified random sampling sebanyak 55 siswa. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner (angket). Adapun teknik analisis statistik yang digunakan untuk mengolah hasil, yakni analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial dengan menggunakan persamaan regresi linear sederhana dengan menggunakan SPSS Vers.28 Tahun 2021. Selanjunya berdasarkan hasil penelitian bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan kualitas layanan administrasi akademik (X) terhadap kepuasan peserta didik (Y).

Keywords


Kualitas Layanan Adminitrasi Akademik; Kepuasan Siswa

Full Text:

PDF

References


Amrizal, A. (2016). Kualitas Pelayanan Administrasi Akademik di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Jurnal Katalogis, 74.

Engkoswara, A. K. (2012). Administrasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta, hal 52.

Ester Sianutri, A. N. (2015). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan pendidikan Terhadap Kepuasan Siswa Di Lingkungan Yayasan Pendidikan Beerseba (Studi Kasus Pada SMP Beerseba Pekanbaru). Jurnal Program Studi Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pelita Indonesia, Vol 3 No 1, hal 4.

Hasbi. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Administrasi terhadap Kepuasan Peserta Didik di MTs Negeri 1 Model Palembang. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM, 87.

Indahingwati, A. (2019). Kepuasan Konsumen dan Citra Institusi Kepolisian pada Kualitas layanan SIM Corner Di Indonesia. Surabaya: CV Jakad Publishing, hal 31-32.

Ismail, R. S. (2010). pengaruh Kualitas Layanan Terhadap kepuaan Belajar Siswa AlWathan Ambon. Jurnal Online, Vol IV no.2, 117.

Nismawati. (2016). Pengaruh Pelayanan Administrasi Akademik Terhadap Kepuasan Mahasiswa Pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Alauddin Makassar (Angkatan 2012).

Pontjorini, d. (2005). Sistem Informasi Manajemen Pendidikan . Jakarta : Bumi Aksara, hal 150.

Rahmawati, D. (2013). Analisis Faktor-Faktor Yang mempengaruhi kepuasan Mahasiswa . Jurnal Economia, Vol 9, Nomor 1, 55.

Ratnawiati. (2017). nalisis Kepuasan Peserta Didik Terhadap Layanan. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 90,91.

Rohmah, N. T. (2019). Hubungan Kualitas Layanan Administrasi Kesiswaan dengan Kepuasan Peserta Didik di SMA Negeri 1 Gedangan Sidoarjo. UIN Sunan Ampel Surabaya.

Sopiatin, P. (2010). Manajemen Belajar dan Berbasis kepuasan Peserta Didik. Bogor: Graha Indonesia, hal 33.

Suharta, T. (2017). Pengembangan Instrument Pengukur Tingkat Kepuasan Siswa Terhadap Kualitas Pelayanan Pendidikan Di Sekolah. Jurnal Evaluasi Pendidikan.

Supranto, J. (2006). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan . Jakarta: PT. Rineka.

Tjiptono, F. (2006). Manajemen Pemasaran, Edisi Pertama. Yogyakarta: Andi, hal 65.

Valerie, P. A. (2001). Delievering Quality Service. New York: The Free Press, hal 162.

Vinny Jennifer Rahareng, N. (2017). The Influence of the Academic Service Quality Toward Student Satisfaction . Jurnal Adbispreneur, 126.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.9.1.99-112.2023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id