Analisis Proses Pembuatan Chanel TV Sekolah dalam Meningkatkan Inovasi Guru di RA Al-Muqoddasah

Rahmi Utami Syarifah, Sri Watini

Abstract


Inovasi merupakan bagian penting dalam proses pembelajaran. Untuk menciptakan pembelajaran yang Inovatif, maka setiap tenaga pendidik harus bisa mengembangkan pembelajaran dengan Inovasi yang terus mengikuti kemajuan zaman bahkan menciptakan hal baru untuk melejitkan potensi anak didik. Dengan adanya tuntutan zaman yang serba digital dan tidak terpaku pada pembelajaran tatap muka, maka TV Sekolah hadir menjadi alternatif media pembelajaran yang inovatif, sehingga para pendidik bisa dengan mudah memanfaatkannya untuk proses pembelajaran. Dalam proses pembuatan chanel TV Sekolah terdapat banyak tahapan yang dilalui dan harus dipahami oleh guru maupun kepala sekolah sebagai pemangku kebijakan. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan memaparkan proses pembuatan chanel tv melalui media TV Sekolah dalam meningkatkan Inovasi Guru di RA AL-Muqoddasah Kecamatan Cimaung Kabupaten Bandung. Dalam penelitian ini, menggunakan metode kualitatif yang berfungsi untuk mendeskripsikan secara jelas, terperinci, transparan dan mendalam proses pembuatan Chanel tv Al-Muqoddasah. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa pembuatan chanel tv di media TV Sekolah menambah wawasan dan meningkatkan inovasi guru RA Al- Muqoddasah.

Keywords


Inovasi guru, TV Sekolah, Proses Pembuatan Chanel

Full Text:

PDF

References


Andrian, D., & Watini, S. (2022). Implementasi TV Sekolah Berbasis LIterasi Digital di TK Tunarungu Sushrusa Denpasar Barat. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5 (4), 1181-1186.

Anshoriyah, S., & Watini, S. (2022). Implementasi Media TV Sekolah dalam Meningkatkan Minat Belajar Anak Usia Dini Kelompok B di RA Amal Shaleh Jember. Edukasia: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3 (2), 135-144.

Helaluddin. (2019). Peningkatan Kemampuan Literasi Teknologi dalam Upaya Mengembangkan Inovasi Pendidikan di Perguaruan Tinggi. PENDAIS, 1 (1).

Italiana, Fifi., & Watini S. (2022). Implementasi TV Sekolah sebagai Media Pembelajaran di TK dalam Meningkatkan Kreativitas Guru. JIIP- Jurnal Ilmiah Ilmu Penidikan, 5 (2). 813- 816.

Latifah, I., & Watini, S. (2022). Peran TV Sekolah sebagai Alternatif Media Pedia Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) pada TKIT Al Hikmah. JIIP- Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5 (2), 602-606.

Makhiyah, A., & Watini, S. (2021). Efektifitas Penggunaan Aplikasi Zoom pada Masa Pandemi dalam Pengembangan Kognitif. Jurnal Pendidikan Tambusai. 5 (2), 2614-3097.

Mariasi., & Watini, S. (2022). Implementasi Perpustakaan Digital TV Sekolah sebagai Dokumen Otentik bagi TK Insan Profesi Baubau. JIIP- Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5 (2). 817-821.

Peday, Y., & Watini, S. (2022). Implementasi TV Sekolah sebagai Pembelajaran Daring di TK Pertiwi VI Manokwari. JIIP- Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5 (3), 852-857.

Rannu, D., & Watini, S. (2022). Implementasi TV Sekolah untuk Pembelajaran Semi Daring di TK Tunas Harapan Nusa. JIIP- Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5 (2), 680-688.

Rohani, Ghifari A. (2015). Pengaruh Televisi (TV) terhadap Aspek- aspek Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, IV (2)

Rukin, Dr. (2019), Metodologi Penelitian Kualitatif. Yayasan Ahmar Cendikia Indonesia. Sulawesi selatan. Hal: 6

Setyaningsih, D., & Watini, S. (2022). Pengaruh TV Sekolah terhadap pemahaman tema selama pembelajaran jarak jauh. JIIP- Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5 (7), 2624-2627.

Suwardi, Fitri L., & Watini, S. (2022). Implementasi Siaran TV Sekolah sebagai media Informasi Efektif di LKP Fitri Pandeglang. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal. 08 (2). 2712-7310.

Watini, S. (2021), Implementasi model pembelajaran sentra pada TK Labschool STAI Bani saleh Bekasi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4 (1), 110-123.

Watini, S., dkk. (2020), Hak Cipta TV Sekolah terdaftar hak paten dengan no : EC00202040424, 15 oktober 2020 Nomor pencatatan: 000224874, TV Sekolah Wahana Kreasi (Tv.Sekolah.id) telah terdaftar dalam PSE dengan nomor : 002009.01/DJA.PSE/01/2022/, pada 25 Januari 2022.

Yunita., & Watini, S. (2022), Membangun Literasi Digital Anak Usia Dini melalui TV Sekolah. JIIP- Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5 (7), 2603-2608.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.3.2103-2112.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id