Peran Public Relations Antara Sekolah Dan Masyarakat Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah Dasar (Studi Kasus Di Sekolah Dasar Kecamatan Tondano Selatan Kabupaten Minahasa)

Refly Sumendap

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hakekat peran humas dalam pengelolaan hubungan sekolah dan masyarakat, (2) tujuan, fungsi dan manfaat hubungan sekolah dan masyarakat, (3) prinsip-prinsip dalam pengelolaan hubungan sekolah dan masyarakat, (4) ruang lingkup pengelolaan hubungan sekolah dan masyarakat di Sekolah Dasar, (5) pelaksanaan program hubungan sekolah dan masyarakat dilakukan dengan menggunakan alternatif teknik (media elektronik dan media online) agar dapat menyesuaikan dengan perkemabangan zaman. Metode yang digunakan adalah metode studi literatur, dengan cara mengumpulkan data pustaka, membaca, mencatat serta pengelolaan bahan penelitian. Hasil menunjukkan bahwa fungsi dari pengelolaan hubungan sekolah dan masyarakat dapat membangun mutu pendidikan khususnya di jenjang Sekolah Dasar, meningkatkan partisipasi dari masyarakat terhadap proses pencapaian program-program sekolah, dengan adanya pengelolaan maka dapat meningkatkan kerja sama antara hubungan sekolah dan masyarakat. Implemenasinya meliputi berbagai pertemuan, musyawarah serta adanya kerja sama antara lembaga pendidikan dengan masyarakat sekitar, selain itu dapat terjalin hubungan yang erat antara warga sekitar sekolah untuk menjaga keamanan, mengikutsertakan warga masyarakat di lingkungan sekolah begitupun sebaliknya, serta melaksanakan pembinaan untuk jenjang Sekolah Dasar (SD). Evaluasi yang dilakukan terhadap pengelolaan hubungan sekolah dan masyarakat yaitu orangtua terlibat dalam pengelolaan, terciptanya programkerja baru, menjalankan proses dan saling melakukan sharing antar orangtua.

Keywords


Pengelolaan, Sekolah, Public Relations

Full Text:

PDF

References


Aedi,dkk (Tim Dosen Administrasi Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia). 2013.

Manajemen Pendidikan. Bandung : Alfabeta

Cucun, dkk. 2011. Pengelolaan Pendidikan. Sumedang : UPI Sumedang Press.

Darmadi. 2018. Membangun Paradigma Baru Kinerja Guru. Lampung Tengah : Guapedia

Harini Ira Nur. 2014. Manajemen Hubungan Masyarakat dalam Upaya Peningkatan

Pencitraan Sekolah (studi kasus di SMP Al Hikmah Surabaya). Jurnal Inspirasi

Manajemen Pendidikan. Vol. 4 No.4.

Herlambang, Sustayo.2013 Pengantar Manajemen: Cara Mudah Memahami Ilmu

Manajemen.Jakarta: Pustaka Baru

Mamusung dan Sukartin, 2000. Pengelolaan Pendidikan ; Pengelolaan Hubungan

Sekolah dengan Masyarakat. Jakarta : PT. Raja Grapindo Persada

Mulyasa, E. 2005. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung : Rosdakarya

Prihantini dan Tin Rustini. 2020. Pengelolaan Pendidikan. Bogor : Pustaka Amma Amalia

Rahmad, Abdullah, 2016. Manajemen Humas Sekolah. Yogyakarta : Media Akademi

Rosmalah. 2016. Hakikat Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah. Jurnal Publikasi

Pendidikan. Volume VI Nomor 1 Januari 2016. ISSN 2088-2092

Suryabrata, Sumadi. 2012. Metodologi Penelitian. Jakarta : Rajagrafindo Persanda

Soewardi Handayaningrat, Pengantar Studi Ilmu Administrasi dan Management, (Jakarta

: Gunung Agung, 1992), hal.110

Taylor, M and Carl H.botan. Public Relations: state of the field. Journal of

communication. VOL. 4 . tahun 2004 . ISSN: 0021-9916

Umar, Munirwan. Manajemen Hubungan Sekolah Masyarakat dalam Pendidikan. Jurnal

Edukasi. Vol . 2 . No . 1 . Tahun 2016. Hal ; 24.

Wati, Efni. 2015. Manajemen Hubungan Sekolah Dan Masyarakat. Manajer Pendidikan.

Vol. 9. No. 5. Tahun 2015. Hal: 661-661.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.1.655-662.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id